Manajemen Sumber Daya Manusia



BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Manajemen Sumber Daya Manusia
2.1.2 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Menurut Terry (2009:8) dalam Rosidah mengatakan “Management is the accomplishing of the predemermined ,objective through the efforts of other people.” (Manajemen adalah melakukan pencapaian tujuan (organisasi) yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mempergunakan bantuan orang lain).
Menurut Koontz dan Donnel (2009:8) dalam Rosidah mengatakan  Management is getting thing done, through other people.” (Manajemen adalah penyelesaian pegawai melalui orang lain).
Menurut Pfifner (2009:8)  dalam Rosidah mengatakan “Management is concerned with the direction of these individuals and functions to achieve ends previously determined.” (manajemen berhubungan dengan pengarahan orang dan tugas-tugasnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan).
Menurut Stoner dan Freeman (2009:8) dalam Rosidah mengatakan  manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan proses penggunaan semua lain-lain sumber daya organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
2.2 Pengertian Disiplin
            Menurut Keith Davis (2009:129) dalam buku Anwar Prabu Mangkunegara mengemukakan bahwa “Dicipline is management action to enforce organization standards”. Berdasarkan pendapat Keiht Davis, Disiplin kerja dapat diartikan sebagai pelaksanaan manajemen unruk mempengaruhi pedoman-pedoman organisasi.
            Menuru Handoko (2012:208) disiplin adalah kegiatan manajemen untuk menjalankan standar-standar organisasional.
2.1.1 Pengertian Disiplin Pegawai
            Menurut Singodimedjo (2009:86) dalam Rosidah mengatakan, disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan menaati norma-norma peraturan yang berlaku di sekitarnya. Disiplin karyawan yang baik akan mempercepat tujuan perusahaan, sedangkan disiplin yang merosot akan menjadi penghalang dan pemperlambat pencapaian tujuan perusahaan.
            Menurut Terry (2009:87) dalam Rosidah mengatakan, disiplin merupakan alat penggerak karyawan.
            Menurut Latainer (2009:87) dalam Rosidah mengartikan disiplin sebagai suatu kekuatan yang berkembang di dalam tubuh karyawan dan menyebabkan karyawan dapat menyesuaikan diri dengan sukarela pada keputusan, peraturan dan nilai-nilai tinggi dari dari pekerjaan dan perilaku.
            Menurut Beach (2009:88) dalam Rosidah mengatakan disiplin mempunyai dua pengertian. Arti yang pertama, melibatkan belajar atau mencetak perilaku dengan menerapkan imbalan atau hukuman. Arti kedua lebih sempit lagi, yaitu disiplin ini hanya bertalian dengan tindakan hukuman terhadap pelaku kesalahan.
            Menurut Rivai dan Sagala (2009:825) Disiplin kerja adalah sesuatu alat yang digunakan para manajer untuk berkomunikasi dengan karyawan agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku serta sebagai suatu upaya upaya untuk meningkatkan kesadarandan kesediaan seseorang mentaati semua peraturanperusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku.
2.1.2 Macam-macam Disiplin Kerja
            Menurut Mangkunegara (2009:129) mengatakan ada dua bentuk disiplin kerja, yaitu disiplin preventif, dan disiplin korektif.
1.      Disiplin Preventif
Disiplin preventif adalah suatu upaya menggerakan pegawai mengikuti dan mematuhi pedoman kerja, aturan-aturan yang telah digariskan oleh perusahaan.Tujuan dasarnya adalah untuk menggerakan pegawai kedisiplinan diri. Dengan cara preventif, pegawai dapat memelihara dirinya terhadap peraturan-peraturan perusahaan.
Pemimpin perusahaan mempunyai tanggang jawab dalam membangun iklim organisasi dengan disiplin preventif.Begitu pula pegawai harus dan wajib mengetahui, memehami semua pedoman kerja serta peaturan-peraturan yang ada dalam organisasi.
     Disiplin preventif merupakan suatu sistem yang berhubungan dengan kebutuhan kerja untuk semua bagian sistem yang ada dalam organisasi. Jika sistem organisasi baik, maka diharapkan akan lebih mudah menegakan disiplin kerja.
2.      Disiplin Korektif
Disiplin korektif adalah suatu upaya menggerakan pegawai dalam menyatukan suatu peraturan dan mengarahkan untuk tetap mematuhi peraturan sesuai dengan pedoman yang berlaku pada perusahaan.
Pada disiplin korektif, pegawai yang melanggar disiplin perlu diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.Tujuan pemberian sanksi adalah untuk memperbaiki pegawai pelanggar, memelihara peraturan yang berlaku, dan memberikan pelajaran kepada pelanggar.
disiplin korentif memerlukan perhatian khusus dan proses prosedur yang seharusnya. Menurut Keith Davis (2009:130) dalam buku Anwar Prabu Mangkunegara mengemukakan bahwa:
Corrective dicipline requires attention to due process, which means that procedures show concern for the rights of the employee involved. Major requirements for due process include the following: 1) A presumption of innocence until reasonable proof of an employee’s role in an affense is presented; 2) The right to heard and in some cases to be represented by another person; 3) Discipline that is reasonable in relation to the offense involved.
       Keith Davis berpendapat bahwa disiplin korektif memerlukan perhatian proses yang seharusnya, yang berarti bahwa prosedur harus menunjukan pegawai yang bersangkutan benar-benar terlibat. Keperluan proses yang seharusnya itu dimaksudkan adalah pertama, suatu prasanka yang tak bersalah sampai pembuktian pegawai berperan dalam pelanggaran. Kedua, hak untuk didengar dalam beberapa kasus terwakolkan oleh pegawai lain. Ketiga, disiplin itu dipertimbangkan dalam hubungan dengan keterlibatan pelanggaran.
2.3 Pendekatan Disiplin Kerja
        Menurut Rosidah (2009:130) Ada tiga pendekatan disiplin yaitu pendekatan disiplin modern, disiplin dengan tradisi, dan disiplin bertujuan.
1.Pendekatan Disiplin Modern
Pendekatan disiplin modern yaitu mempertemukan sejumlah keperluan atau kebutuhan baru di luar hukuman. Pendekatan imi berasumsi :
Disiplin modern merupakan suatu cara menghindarkan bentuk hukuman    secara fisik.
a.         Melindungi tuduhan yang benar untuk diteruskan pada proses hukum yang berlaku.
b.         Keputusan-keputusan yang semuanya terhadap kesalahan atau prasangka harus diperbaiki dengan mengandalkan proses penyuluhan dengan mendapatkan fakta-faktanya.
c.          Melakukan protes terhadap keputusan yang berat sebelah pihak terhadap kasus disiplin.
2.    Pendekatan Disiplin dengan Tradisi
Pendekatan disiplin dengan tradisi, yaitu pendekatan disiplin dengan cara memberikan hukuman. Pendekatan ini berasumsi:
a.         Disiplin dilakukan oleh atasan kepada bawahan, dan tidak pernah ada peninjauan kembali bila telah diputuskan.
b.         Disiplin adalah hukuman untuk pelanggaran, pelaksanaan harus disesuaikan dengan tingkat pelanggarannya.
c.          Pengaruh hukuman untuk memberikan pelajaran kepada pelanggar maupun kepada pegawai lainnya.
d.         Peningkatan perbuatan pelanggaran diperlukan hukuman yang lebih keras.
e.          Pemberian hukuman terhadap pegawai yang melanggar kedua kalinya harus diberi hukuman yang lebih berat.
3.         Pendekatan Disiplin Bertujuan
Pendekatan disiplin bertujuan berasumsi bahwa:
a.          Disiplin kerja harus dapat diterima dan dipahami oleh semua pegawai
b.         Disiplin bukanlah suatu hukuman, tetapi merupakan pembentukan perilaku
c.          Disiplin ditujukan untuk perubahan perilaku yang lebih baik
d.         Disiplin pegawai bertujuan agar pegawai bertanggung jawab terhadap perbuatannya
2.4 Faktor-faktor yang Memengaruhi Disiplin Kerja
Menurut Singodimedjo (2009:186) dalam Rosidah, faktor yang memengaruhi disiplin pegawai adalah sebagai berikut :
1.         Besar kecilnya pemberian konpensasi
       Besar kecilnya kompensasi dapat memengaruhi tegaknya disiplin. Para karyawan akan mematuhi segala peraturan yang berlaku, bila ia mendapat jaminan balas jasa yang setimpal dengan jerih payahnya yang telah dikontribusikan bagi perusahaan. Bila ia merasa mendapat jaminan balas jasa yang setimpal dengan jerih payahnya yang telah dikontribusikan bagi perusahaan. Bila ia menerima kompensasi yang memadai, meraka akan dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi, bila ia merasa konpensasi yag diterimanya jauh dari memadai, maka ia akan berpikir mendua, dan berusaha untuk mencari tambahan penghasilan lain di luar, sehingga menyebabkan ia sering mangkir, sering minta izin ke luar.
Namun demikian, pemberian kompensasi yang memadai belum tentu pula menjamin tegaknya disiplin. Karena pemberian kompensasi hanyalah merupakan salah satu cara meredam kegelisahan para karyawan, di sanping banyak lagi hal-hal yang diluar kompensasi yang harus mendukung tegaknya disiplin kerja dalam perusahaan. Realitanya dalam praktik lapangan,, memang dengan pemberian kompensasi yang mencukupi, sedikit bayak akan membantu karyawan untuk bekerja tenang, karena dengan menerima kompensasi yag wajar kebutuhan primer mereke akan dapat terpenuhi.
2.         Ada tidaknya keteladanan pimpina dalam perusahaan;
Keteladanan pimpinan sangat penting sekali, karena dalam lingkungan perusahaan, semua karyawan akan selalu memerhatikan bagaimana pimpinan dapat menegakan disiplin dirinya dan bagaimana ia dapat mengendalikan dirinya dari ucapan, perbuatan dan sikap yang dapat merugikan aturan disiplin yag sudah ditetapkan. Misalnya bila aturan jam kerja pukul 08.00,  maka si pemimpin tidak akan masuk kerja terlambat dari waktu yang sudah ditetapkan.
Peranan keteladanan pimpinan sangat berpengaruh besar dalam perusahaan, bahkan sangat dominan dibandingkan dengan semua faktor yang memengaruhi disiplin dalam perusahaan, karena pimpinan dalam suatu perusahaan masih menjadi panutan para karyawan. Para bawahan akan selalu meniru yang dilihatnya setiap hari. Apa pun yag dibuat pimpinannya. Oleh sebab itu bila seseorang pimpinan menginginkan tegaknya disiplin dalam perusahaan, maka ia harus lebih dahulu mempraktikan, supaya dapat di ikuti dengan baik oleh para karyawan lainnya.
3.         Ada tindakan aturan pasti yang dapat dijadikan pegangan;
Pembinaan disiplin tidak akan terlaksana dalam perusahaan,bila tidak ada aturan tertulis yang pasti untuk dapat dijadikan pegangan bersama. Disiplin tidak mungkin ditegakan bila peraturan yang dibuat hanya berdasarkan instruksi lisan yang dapat diubah –ubah sesuai kondisi dan situasi. Para karyawan akan mau melakukan disiplin bila da aturan yang jelas dan diinformasikan kepada mereka. Bila aturan sisiplin hanya menurut selera piminan saja, atau berlaku untuk orang tertuntu saja, jangan diharap bahwa para karyawan akan mematuhi aturan tersebut. Oleh sebab itu disiplin akan dapat ditegakkan dalam suatu perusahaan, jika ada aturan tertulis yang telah disepakati bersama. Dengan demikian, para karyawan akan mendapat sesuatu kepastian bahwa siapa saja dan perlu dikenakan sanksi tanpa pandang bulu.
4.         Keberanian pimpinan dalam mengambil tindakan;
  Bila ada seorang karyawan yang melanggar disiplin, maka perlu ada keberanian pimpinan untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dimuatnya. Dengan adanya tindakan terhadap pelanggar disiplin, sesuai dengan sanksi yang ada, maka semua karyawan akan merasa terlindungi, dan dalam hatinya berjanji tidak akan berbuat hal yang serupa. Dalam situasi demikian, maka semua karyawan akan bener-bener terhindar dari sikap sembrono, asal jadi seenaknya sendiri dalam perusahaan. Sebaliknya bila pimpinan tidak berani mengambil tindakan, walaupun sudah terang-terangan karyawan tersebut melanggar disiplin, tetapi tidak ditegor/dihukum, maka akan berpengaruh kepada suasana kerja dalam perusahaan. Para karyawan akan berkata: untuk apa disiplin, sedang orang yang melanggar disiplin saja tidak pernah dikenakan sanksi.
5.         Ada tidaknya pengawasan pimpinan;
Dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan perlu ada pengawasan, yang akan mengarahkan para karyawan agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan tepat dan sesuai dengan yang telah diterapkan. Namun sudah menjadi tabiat manusia pula bahwa mereka selalu ingin bebas, tanpa terikat atau diikat oleh peraturan apa pu juga. Dengan adanya pengawasan seperti demikian, maka sedikit banyak para karyawan akan terbiasa melaksanakan disiplin kerja. Mungkin untuk sebagian karyawan yang sudah menyadari arti disiplin, pengawasan seperti ini tidak perlu, tetapi bagi karyawan lainnya, tegaknya disiplin masih perlu agak dipaksakan, agar mereka tidak berbuat semaunya dalam perusahaan.
  Orang yang paling tepat melaksanakan pengawasan terhadap disiplin ini tentulah atasan langsung para karyawan yang bersangkutan.Hal ini disebabkan para atasan langsung itulah yang paling tahu dan paling dekat dengan para karyawan yang ada di bawahnya.Pengawasan yang dilaksanakan atasan langsung ini sering disebut WASKAT. Pada tingkat mana pun ia berada, maka seorang pemimpin bertanggung jawab melaksanakan pengawasan melekat ini, sehingga tugas-tugas yang dibebankan kepada bawahan tidak menyimpang dari apa yang telah ditetapkan.


6.         Ada tidakya perhatian kepada para karyawan;
Mereka adalah manusia yang mempunyai perbedaan karakter antara yang satu dengan yang lain. Seorang karyawan tidak hanya puas dengan penerimaan kompensasi yang tinggi, pekerjaan yang menantang, tetapi juga mereka masih membutuhkan perhatian yang besar dari pimpinannya sendiri.Keluhan dan kesulitan mereka ingin didengar, dan dicarikan jalan keluarnya, dan sebagainya. Pimpinan yang berhasil member perhatian yang besar kepada para karyawan akan dapat meniptakan disiplin kerja yang baik. Karena ia bukan hanya dekat dalam arti jarak fisik, tetapi juga mempunyai jarak dekat dalam artian jarak batin. Pimpinan demikian akan selalu dihormati dan dihargai oleh para karyawan, sehingga akan berpengaruh besar kepada prestasi, semangat kerja dan moral kerja karyawan.
7.         Diciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin.
Kebiasaan-kebiasaan positif itu antara lain adalah sebagai berikut:
§  Saling menghormati, bila ketemu di lingkungan pekerjaan;
§  Melontarkan pujian sesuai dengan tempat dan waktunya sehingga para karyawan akan turut merasa bangga dengan pujian tersebut;
§  Sering mengikutsertakan karyawan dalam pertemuan-pertemuan, apalagi pertemuan yang berkaitan dengan nasib dan pekerjaan mereka; dan
§  Memberi tahu bila ingin meninggalkan tempat kepada rekan sekerja, dengan menginformasikan, ke mana dan untuk urusan apa, walaupun kepada bawahan sekalipun.

Pemimpin yang kurang baik, yang memakai kekuasaannyadengan sewenang-wenang dan menggunakan ancaman terus-menerus, kadang dapat memperoleh apa yang tampak sebagai disiplin yang baik, namun rasa gelisah dan tidak tenteram yang timbul dari oeraturan yang keras dan paksaan saja, dapat meledak di muka pemimpin setiap waktu.
Dengan kepemimpinan yang baik, seorang pemimpin dapat berbuat bayar untuk menciptakan iklim kerja yang memungkinkan penegakan disiplin sebagai proses yang wajar, karena para karyawan akan menerima serta mematuhi peraturan-peraturan dan kebijakan-kebijakan sebagai pelindung bagi kebehasilan pekerjaan dan kesejahteraan pribadi mereka black (dalam mas,ud,2000).
Secara umum beranggapan bahwa pelaksanaan disiplin kerja harus memperhitungkan juga keadaan karyawan.Kebanyakan pemimpin mengetahui bahwa dari waktu ke waktu para karyawan membawa serta masalah-masalah pribadi ke tempat kerja. Oleh karena itu, penerapan disiplin secara membabi buta tanpa meninjau sebab-sebab dan suatu pelanggaran terlebih dahulu, akan menimbulkan hasil yang tidak menguntukan.
Absensi atau tidak hadirnya karyawan, oleh tohardi (2002) ditunjukan sebabnya antara lain karena lain kerena karyawan sakit, kesehatan menurun, atau sedang menyelesaikan urusan pribadi. Dalam bentuk pelanggaran disiplin, absensi ini disebabkan oleh rendahnya rasa tanggung jawab karyawan, karena tidak mampu mengontrol diri terhadap acara-acara musiman yang dianggap baik, seperti menikmati libur melampaui liburan yang melakukan pelanggaran ini, demikian juga dengan karyawan baru atau tua, di samping lokasi kerja yang jauh.
Selain dari itu, masuk akl tidaknya peraturan yang berlaku juga berpengaruh terhapat disiplin kerja. Bila karyawan merasa bahwa peratuan yang diberlakukan terhadap meraka tidak masuk akal, mereka akan memandangnya tanpa banyak komentar. Dengan kata lain, mereka menaati peraturan bukan karena takut akan hukumannya, tetapi karena percaya bahwa apa yang dilakukan merupakan tindakan yang benar. Oleh karena itu organisasi yang baik harus berupaya menciptakan peraturan dan tata tertib yang akan menjadi rambu-rambu yang harus dipenuhi oleh seluruh pegawai dalam organisasi. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa tinggi rendahnya disiplin kerja karyawan antara lain dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kepemimpinan, keadaan karyawan itu semdiri, serta peraturan-peraturan yang di berlakukan dalam organisasi tersebut.
2.5 Indikator-Indikator Kedisiplinan
        Fathoni (127:2006) Pada dasarnya banyak indicator yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan karyawan suatu organisasi, di antaranya ialah:
1.         Tujuan dan kemampuan;
2.         Teladan pimpinan;
3.         Balas jasa;
4.         Keadilan;
5.         Waskat (Pengawasan melekat);
Adalah tindakan nyata dan paling efektif dalam mewujudkan kedisiplinan petunjuk, jika ada bawahannya yang adanya kebersamaan aktif antara atasan dengan bawahan dalam mencapai tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.mengalami kesulitan dalam menggerakan pekerjaan. Jadi, waskat ini menuntut karyawan, karena dengan waskat ini, atasan harus aktif dan langsung mengawasi perilaku, moral, sikap, gairah kerja, dan prestasi kerja bawahannya. Hal ini berarti bahwa atasan harus selalu ada/hadir di tempat pekerjaannya, supaya dia dapat mengawasi dan memberikan
6.         Sanksi hukuman ;
7.         Ketegasan;
8.         Hukuman kemanusiaan.
       Jadi pengertian waskat adalah tindakan nyata dan efektif untuk mencegah/mengetahui kesalahan, membetulkan kesalahan, memelihara kedisiplinan, meningkatkan prestasi kerja, mengaktifkan peranan atas dan bawahan, memggali system-sistem kerja yang paling efektif dan menciptakan system internal control yang terbaik dalam mendukung terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
2.6 Pelaksanaan Sanksi Pelanggaran Disiplin Kerja
        Menurut Rosidah (2009:131) Pelaksanaan sanksi terhadap pelanggaran disiplin dengan memberiakan peringatan, harus segera, konsisten, dan impersonal.
a.       Pemberian Peringatan
Pegawai yang melanggar disiplin kerja perlu diberikan surat peringatan pertama, kedua dan ketiga. Tujuan pemberian peringatan adalah agar pegawai yang bersangkutan menyadari pelanggaran yang telah dilakukan. Disamping itu pula surat peringatan tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memberikan penilaian kondite pegawai.
b.      Pemberian Sanksi Harus Segera
Pegawai yang melanggar disiplin harus segera diberikan sanksi yang sesuai dengan peraturan organisasi yang berlaku.Tujuanya, agar pegawai yang bersangkutan memahami sanksi pelanggaran yang berlaku di perusahaan. Kelalaian pemberian sanksi akan memperlemah disiplin yang ada. Di samping itu, memberi peluang pelanggar untuk mengabaikan disipln perusahaan.
c.       Pemberian Sanksi Harus Konsisten
Pemberian sanksi kepada pegawai yang tidak disiplin harus konsisten.Hal ini bertujuan agai pegawai sadar dan menghargai peraturan-peraturan yang berlaku pada perusahaan.Ketidakosistenan pemberian sanksi dapat mengakibatkan pegawai meraqsakan adanya diskriminasi pegawai, ringannya sanksi, pengabaian disiplin.
d.      Pemberian Sanksi Harus Impersonal
Pemberian sanksi pelanggaran disiplin harus tidak membeda-bedakan pegawai, tua muda, pria-wanita tetap diberlalukan sama sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tujuannya agar pegawai menyadari bahwa disiplin kerja berlaku untuk semua pegawai dengan sanksi pelanggaran yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan.







Lebih baru Lebih lama