Lelang Rambut, Cara Unik Yayasan Pita Kuning Peduli Kanker

Shave for Hope adalah sebuah aksi moral mendukung anak-anak pengidap kanker untuk mengekspresikan empati kepada anak-anak.



Tentang YPKAI


A.     LATAR BELAKANG
Berawal tahun 2006 dari sekumpulan relawan yang mau membantu anak-anak yang terkena kanker dari segi dana pengobatan. Untuk memudahkan pencarian dana maka digunakanlah nama Community for Children with Cancer (C3) Berdasarkan aturan pemerintah sebuah yayasan atau organisasi masyarakat tidak di perkenankan utk menggunakan nama asing, maka pada tanggal 26 April 2007 Community for Children with Cancer resmi menjadi YPKAI (Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia).
B.      VISI dan MISI
  • VISI
Memaksimalkan kualitas hidup anak yang terkena kanker beserta keluarganya untuk memperoleh dukungan psikososial yang berkesinambungan dengan proses pengobatan kanker anak melalui Program Kliniko-Psiko-Sosial.
  • MISI
  1. Melakukan pembimbingan Psikososial terhadap  anak kanker beserta keluarganya selama menjalani proses pengobatan
  2. Melakukan pendampingan terhadap anak kanker  agar tercipta perasaan nyaman dalam menjalani proses pengobatan
  3. Memberikan kegiatan pendidikan terhadap anak kanker untuk mendukung proses tumbuh kembang dan potensi diri yang di milikinya.
  4. Memfasilitasi partisipasi masyarakat melalui kegiatan penunjang yang bersifat rekreatif dan edukatif  bagi anak kanker beserta keluarganya.
  5. Memberikan bantuan biaya pengobatan terhadap pasien kanker anak yang kurang mampu
  6. Melakukan sosialisasi kanker pada anak kepada  masyarakat umum.
C.      TUJUAN
Melalui berbagai aktivitas YPKAI berusaha memfasilitasi pemenuhan kebutuhan psikologis dan sosial anak – anak kanker beserta keluarganya yang saling melengkapi dengan proses pengobatan , sehingga anak – anak kanker dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan baik.
ypkai
D.     DESKRIPSI PROGRAM KERJA
Pendekatan Program Kliniko – Psiko – Sosial terdiri dari pendekatan Klinis, Psikologis dan Sosial:
  • Psikologi
Dari segi psikologis dilakukan beberapa pendekatan yang meliputi aktivitas – aktivitas sebagai berikut :
1. Pembimbingan
Meliputi kegiatan bimbingan penanganan pasikologis bagi orangtua yang anaknya baru didiagnosis kanker dan yang anaknya meninggal dunia. Kegiatan ini juga memfasilitasi masalah – masalah yang timbul di dalam keluarga dari anak yang terkena kanker. Bagi orangtua yang anaknya meninggal dunia, bimbingan dilakukan hingga orangtua sudah dapat melewati dan mengatasi kesedihannya.
2. Pendampingan
Meliputi kegiatan berupa sosialisasi tentang prosedur tindakan yang akan dilakukan agar anak – anak kanker mendapat gambaran informasi dan tidak merasa takut atau trauma untuk menghadapinya sehingga diperlukan suatu pendampingan secara
psikologis bagi anak kanker, seperti Aspirasi sumsum tulang, Intratekal, pasang infus, ganti perban dan ambil darah.
3. Pendidikan
Meliputi kegiatan proses belajar mengajar terhadap anak kanker guna mendukung proses tumbuh kembangnya dan memfasilitasi dalam pengembangan potensi diri anak tersebut.
4. Penunjang
Meliputi kegiatan bagi anak dan orangtua yang sifatnya rekreatif dan edukatif.
  • Sosial
Dari segi sosial Pendekatan Eksternal yang meliputi kegiatan sebagai berikut :
1. Penggalangan Dana
Melalui kegiatan ini dapat dilakukan untuk membantu biaya pengobatan anak kanker yang kurang mampu.
2. Penyuluhan Kanker pada Anak
Melalui kegiatan ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang baik dan benar tentang kanker pada anak, sehingga hal ini dapat diupayakan untuk diketahui sejak awal daripada diketahui sejak akhir.
3. Mobil Ambulance
Suatu pelayanan mobil ambulance secara gratis dilakukan, guna mendukung dan membantu setiap proses yang dilakukan oleh pasien kanker anak meliputi : Magnetic Resonance Imaging ( MRI ), CT Scan dan membawa jenazah.
4. Donor Darah
Meliputi kegiatan mencarikan pendonor darah bagi yang memerlukan transfusi apabila persediaan darah di Palang Merah Indonesia ( PMI ) sedang tidak ada.
SEKRETARIAT
Pondok Pinang VII No.3B
Website: www.ypkai.or.id
Email : ypkai_c3@yahoo.com, Facebook : YPKAI Pita Kuning, Twitter : @ypkai_c3
www.indonesiabuanget.ga- Ingin menunjukkan rasa solidaritas kepada para penderita kanker terutama ke anak-anak, Asian Medical Students Association Indonesia (AMSA), Evio Production, dan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI-C3) adakan Shave for Hope sebagai sebuah aksi moral mendukung anak-anak pengidap kanker untuk mengekspresikan empati kepada anak-anak.
Menjelang acara puncak potong rambut masal yang diadakan hari ini Minggu,(6/9) di Lippo Mall Kemang, masyarakat sudah berpartisipasi dengan memberi donasi melalui halaman donasi artis pilihannya di kitabisa.com/partners/shaveforhope.
“Dukungan para artis yang hadir diharapkan semakin menambah tingkat kesadaran masyarakat akan bahaya kanker terutama bagi anak-anak Indonesia. Bertambahnya jumlah donasi pun menjadi salah satu “goal” Shave For Hope tahun ini, kata Steny Agustaf, salah satu penggagas kampanye Shave for Hope.
Ia mengatakan, target yang ingin dicapai adalah 5000 orang yang ikut berpartisipasi dalam acara ini dan donasi hingga 2 milyar rupiah. “Donasi yang terkumpul nantinya 100% akan disumbangkan kepada Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI-C3).

Lelang Rambut, Cara Unik Yayasan Pita Kuning Peduli Kanker

Shave for Hope adalah sebuah aksi moral mendukung anak-anak pengidap kanker untuk mengekspresikan empati kepada anak-anak.
Turut hadir 9 nama selebritis nasional yang meramaikan acara ini, yakni Asty Ananta, Sogi Indra Dhuaja, Tora Sudiro, Indra Bekti, Rhesa (Endah N Rhesa), Ananda Omesh, Adit Insomnia, Danang Postman dan Betrand Antolin. Masing-masing dari mereka menggunakan kostum pahlawan pilihannya, sebagai simbol dari tagline acara “Let’s be the hero, be the hope”.
Mereka adalah segelintir seleb nasional yang mengikuti jejak Edi Brokoli yang rela dibotakkan demi kampanye Shave for Hope 2013 silam. Sebuah aksi peduli untuk penderita kanker, rambut Edi laku dilelang seharga Rp160 juta yang diserahkan ke Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI-C3).
Selain para artis yang melakukan aksi #BotakinSeleb, turut para aksi masyarakat yang mencukur rambutnya hingga botak dengan dihargai Rp100.000 oleh para donatur dan uangnya akan disalurkan ke anak-anak penderita kanker melalui Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia.
Acara ini tampak haru dikarenakan beberapa artis yang mempunyai pengalaman pribadi tentang penderita kanker. Beberapa dari mereka seperti Asty Ananta pun tidak pernah memangkas rambutnya hingga pendek, karena diminta oleh ibunya dan beberapa kliennya untuk terus memiliki rambut panjang.
Tak hanya Asty, Rhesa pun menangis ketika rambut kribonya mulai dipotong oleh istrinya pertama kali.


Mari Membantu


Bila anda ingin ikut berpartisipasi untuk mendukung pelaksanaan dari program kegiatan kami akan mengenalkan tiga hal :
1. Cash
Memberikan donasi yang dapat disetorkan langsung ke :
  • MANDIRI Cab. Rumah Sakit Kanker Dharmais a/n Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia No Rekening 117.000.160100.4
  • BCA Cab. Wisma Asia a/n Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia No Rekening 0844287778
2. Co-location
3. Communicate
Kalau Anda tidak memiliki kedua-duanya (money and time), anda masih punya kesempatan untuk membantu yaitu dengan menjadi penghubung. Maksud dari penghubung disini adalah jika anda tahu ada orang yang bisa membantu (dalam hal uang dan waktu), anda bisa sampaikan mengenai kegiatan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia ke mereka.


Program YPKAI


YPKAI membuat program bernama Kiliniko-Psiko-Sosial yang terdiri dari Pendekatan MedisPsikologis dan Sosial, dengan motto “No Scared, No Pain” terhadap pasien anak kanker.
Program Psikologisnya mencakup 4P:
  1. Pembimbingan: penanganan pasikologis bagi orangtua yang anaknya baru didiagnosis kanker dan yang anaknya meninggal dunia.
  2. Pendampingan: sosialisasi tentang prosedur tindakan yang akan dilakukan agar anak mendapat gambaran dan tidak merasa takut atau trauma.
  3. Pendidikan: berupa pendidikan non formal untuk mendukung proses tumbuh kembangnya dan pengembangan potensi diri
  4. Penunjang: meliputi kegiatan bagi anak dan orangtua yang sifatnya rekreatif dan edukatif.
Program Sosial 2P:
  1. Penggalangan Dana: membantu biaya pengobatan pasien kanker anak yang kurang mampu.
  2. Penyuluhan Kanker pada Anak: agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang baik dan benar tentang kanker pada anak.
Selain itu sudah mempunyai Ambulance gratis khusus membantu pelayanan pasien anak kanker sumbangan dari PT.Amway Indonesia saat ini mobil tersebut telah dipasangin TV dan Tape agar anak-anak merasa nyaman dengan ambulance sehingga anak-anak tidak takut dengan ambulance.
Kegiatan saat ini di RS.Dharmais water color (melukis cat cair) ada pun misi ke depan dari program pendidikan akan mempunyai sistem tersendiri untuk pendidikan anak kanker saat ini masih di proses / permatang desain pendidikan anak kanker
www.shaveforhope.org    ---------------   www.ypkai.or.id
Lebih baru Lebih lama