Berikut 12 soal exam pada pelatihan Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Untuk Menunjang Karir:
1. Sebuah tim dapat mengimplementasikan strategi pekerjaan yang jitu jika mendapatkan arahan yang jelas. Arahan yang jelas tersebut hanya dapat dihasilkan dalam lingkungan yang memiliki komunikasi dua arah. Maka, tujuan komunikasi efektif manakah yang dapat terwujud?
a. Mempermudah penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan
b. Meningkatkan produktivitas dan performa karyawan
c. Mempermudah mencari masalah dan pihak pemicu masalah
d. Membangun tim kerja yang efektif
e. Mempermudah peningkatan pendapatan
Jawaban: D
2. Berikut ini adalah 3 sikap berkomunikasi yang perlu dimiliki di lingkungan profesional, yaitu.
a. Berempati, memilih komunikator yang tepat, dan tegas
b. Ramah, berpikiran terbuka, dan komunikasi nonverbal
c. Berpikiran terbuka, berempati, dan berbicara dengan detail
d. Memilih komunikator yang tepat, percaya diri, dan berempati
e. Lugas, berbicara secukupnya, dan berpikiran pada satu isu
Jawaban: B
3. Mengenali isu yang sedang berjalan agar dapat membangun komunikasi serta hubungan yang hangat dengan rekan kerja lainnya merupakan salah satu cara berkomunikasi internal yang efektif, yaitu...
a. Be proactive
b. Foster misunderstanding
c. Predict challenges
d. Know the tracks
e. Foster understanding
Jawaban : E
4. Dalam dunia kerja, sangat wajar untuk karyawan menemukan berbagai isu dan risiko dalam penyelesaiannya. Sikap menerima segala risiko dan tanggung jawab merupakan cara berkomunikasi
efektif dengan pihak eksternal yang disebut....
a. Learn to own the outcome
b. Never blame your company, lead it!
c. Lead from the front
d. Know the tracks
e. Be proactive
Jawaban: A
5. Berikut adalah 2 tahapan proses komunikasi yang perlu dipahami ketika menyampaikan dan menerima pesan, yaitu..
a. Decoding dan Newsfeed
b. Channel dan Decoding
c. Decoder dan Channeling
d. Channel dan Challenges
e. Media dan Channel
Jawaban: B
6. Parafrase adalah salah satu jenis feedback dalam melakukan komunikasi. Maksudnya adalah....
a. Keadaan ketika komunikan telah menerima komunikator
b. Keadaan ketika komunikator mengulangi pesan yang diberikan
c. Keadaan ketika komunikan mengulang kembali pesan yang telah diterimanya
d. Keadaan ketika komunikator membuktikan pesannya diterima dengan baik
e. Keadaan ketika komunikan menerima keadaan komunikator ketika menyampaikan pesan
Jawaban: C
7. Dalam melakukan negosiasi yang berhasil, ada 3 tips yang perlu dipahami oleh komunikator, dan salah satunya adalah Speak honestly and creatively about sticking points. Apa maksudnya?
a. Mampu menciptakan solusi yang menyenangkan semua pihak
b. Melakukan negosiasi berulang kali
c. Memenangkan negosiasi dan menjaga emosi
d. Menyiapkan gagasan kreatif tentang rencana negosiasi di masa depan untuk menutup komunikasi
e. Melakukan persiapan matang sebelum bernegosiasi
Jawaban: E
8. Seringkali negosiasi gagal karena diakibatkan oleh beberapa kesalahan. Berikut ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukan agar negosiasi berjalan lancar, yaitu...
a. Menggunakan berbagai kesempatan untuk membangun kedekatan dengan klien
b. Mengajukan penawaran di bawah harga permintaan klien
c. Menutupi berbagai aspek dalam proses penawaran
d. Menggunakan satu kali kesempatan saja untuk menanggapi keinginan klien
e. Membatasi diri untuk membangun kedekatan dengan klien
Jawaban: A
9. Emosi akan selalu berperan dalam sebuah proses komunikasi. Dalam mengkomunikasikan emosi, ada 3 aturan yang perlu dipahami, salah satunya adalah...
a. Feeling rules
b. Faking rules
c. Falling in rules
d. Know the tracks
e. Empathy
Jawaban: A
10. Salah satu etika kerja yang perlu diperhatikan agar mampu menciptakan komunikasi yang efektif di lingkungan kerja, yaitu...
a. Mempersiapkan aroma tubuh yang berlebih untuk menarik perhatian rekan kerja dan klien
b. Tetap bekerja ketika sedang sakit untuk meningkatkan performa bekerja dan atensi atasan
c. Memberikan kesan positif sejak perkenalan pertama dengan rekan kerja baru
d. Berbicara dengan semangat dan nada tinggi untuk menunjukkan ketertarikan pada topik yang dibahas
e. Menunggu dibukakan pintu oleh rekan kerja ketika menghadiri pertemuan
Jawaban: C
11. Menciptakan dan membagikan visi perusahaan kepada publik atau klien merupakan salah satu jenis kemampuan berkomunikasi yang harus dimiliki sebagai seorang salesperson. Apakah istilah untuk jenis tersebut?
a. Diagnosing
b. Result
c. Discussing
d. Storytelling
e. Negotiating
Jawaban: D
12. Dalam dunia sales, sangat dibutuhkan kemampuan menjalin komunikasi yang hangat dengan klien. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi sebagai sales
adalah....
a. Menanyakan komitmen setelah menciptakan nilai plus dari proses komunikasi
b. Menjemput klien dengan terus memberikan penawaran
c. Fokus pada masalah yang sedang dialami
d. Melakukan negosiasi satu kali saja
e. Menceritakan tujuan perusahaan yang harus dicapal melalui kerja sama dengan klien tersebut
Jawaban: A
1. Sebuah tim dapat mengimplementasikan strategi pekerjaan yang jitu jika mendapatkan arahan yang jelas. Arahan yang jelas tersebut hanya dapat dihasilkan dalam lingkungan yang memiliki komunikasi dua arah. Maka, tujuan komunikasi efektif manakah yang dapat terwujud?
a. Mempermudah penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan
b. Meningkatkan produktivitas dan performa karyawan
c. Mempermudah mencari masalah dan pihak pemicu masalah
d. Membangun tim kerja yang efektif
e. Mempermudah peningkatan pendapatan
Jawaban: D
2. Berikut ini adalah 3 sikap berkomunikasi yang perlu dimiliki di lingkungan profesional, yaitu.
a. Berempati, memilih komunikator yang tepat, dan tegas
b. Ramah, berpikiran terbuka, dan komunikasi nonverbal
c. Berpikiran terbuka, berempati, dan berbicara dengan detail
d. Memilih komunikator yang tepat, percaya diri, dan berempati
e. Lugas, berbicara secukupnya, dan berpikiran pada satu isu
Jawaban: B
3. Mengenali isu yang sedang berjalan agar dapat membangun komunikasi serta hubungan yang hangat dengan rekan kerja lainnya merupakan salah satu cara berkomunikasi internal yang efektif, yaitu...
a. Be proactive
b. Foster misunderstanding
c. Predict challenges
d. Know the tracks
e. Foster understanding
Jawaban : E
4. Dalam dunia kerja, sangat wajar untuk karyawan menemukan berbagai isu dan risiko dalam penyelesaiannya. Sikap menerima segala risiko dan tanggung jawab merupakan cara berkomunikasi
efektif dengan pihak eksternal yang disebut....
a. Learn to own the outcome
b. Never blame your company, lead it!
c. Lead from the front
d. Know the tracks
e. Be proactive
Jawaban: A
5. Berikut adalah 2 tahapan proses komunikasi yang perlu dipahami ketika menyampaikan dan menerima pesan, yaitu..
a. Decoding dan Newsfeed
b. Channel dan Decoding
c. Decoder dan Channeling
d. Channel dan Challenges
e. Media dan Channel
Jawaban: B
6. Parafrase adalah salah satu jenis feedback dalam melakukan komunikasi. Maksudnya adalah....
a. Keadaan ketika komunikan telah menerima komunikator
b. Keadaan ketika komunikator mengulangi pesan yang diberikan
c. Keadaan ketika komunikan mengulang kembali pesan yang telah diterimanya
d. Keadaan ketika komunikator membuktikan pesannya diterima dengan baik
e. Keadaan ketika komunikan menerima keadaan komunikator ketika menyampaikan pesan
Jawaban: C
7. Dalam melakukan negosiasi yang berhasil, ada 3 tips yang perlu dipahami oleh komunikator, dan salah satunya adalah Speak honestly and creatively about sticking points. Apa maksudnya?
a. Mampu menciptakan solusi yang menyenangkan semua pihak
b. Melakukan negosiasi berulang kali
c. Memenangkan negosiasi dan menjaga emosi
d. Menyiapkan gagasan kreatif tentang rencana negosiasi di masa depan untuk menutup komunikasi
e. Melakukan persiapan matang sebelum bernegosiasi
Jawaban: E
8. Seringkali negosiasi gagal karena diakibatkan oleh beberapa kesalahan. Berikut ini merupakan salah satu tips yang dapat dilakukan agar negosiasi berjalan lancar, yaitu...
a. Menggunakan berbagai kesempatan untuk membangun kedekatan dengan klien
b. Mengajukan penawaran di bawah harga permintaan klien
c. Menutupi berbagai aspek dalam proses penawaran
d. Menggunakan satu kali kesempatan saja untuk menanggapi keinginan klien
e. Membatasi diri untuk membangun kedekatan dengan klien
Jawaban: A
9. Emosi akan selalu berperan dalam sebuah proses komunikasi. Dalam mengkomunikasikan emosi, ada 3 aturan yang perlu dipahami, salah satunya adalah...
a. Feeling rules
b. Faking rules
c. Falling in rules
d. Know the tracks
e. Empathy
Jawaban: A
10. Salah satu etika kerja yang perlu diperhatikan agar mampu menciptakan komunikasi yang efektif di lingkungan kerja, yaitu...
a. Mempersiapkan aroma tubuh yang berlebih untuk menarik perhatian rekan kerja dan klien
b. Tetap bekerja ketika sedang sakit untuk meningkatkan performa bekerja dan atensi atasan
c. Memberikan kesan positif sejak perkenalan pertama dengan rekan kerja baru
d. Berbicara dengan semangat dan nada tinggi untuk menunjukkan ketertarikan pada topik yang dibahas
e. Menunggu dibukakan pintu oleh rekan kerja ketika menghadiri pertemuan
Jawaban: C
11. Menciptakan dan membagikan visi perusahaan kepada publik atau klien merupakan salah satu jenis kemampuan berkomunikasi yang harus dimiliki sebagai seorang salesperson. Apakah istilah untuk jenis tersebut?
a. Diagnosing
b. Result
c. Discussing
d. Storytelling
e. Negotiating
Jawaban: D
12. Dalam dunia sales, sangat dibutuhkan kemampuan menjalin komunikasi yang hangat dengan klien. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi sebagai sales
adalah....
a. Menanyakan komitmen setelah menciptakan nilai plus dari proses komunikasi
b. Menjemput klien dengan terus memberikan penawaran
c. Fokus pada masalah yang sedang dialami
d. Melakukan negosiasi satu kali saja
e. Menceritakan tujuan perusahaan yang harus dicapal melalui kerja sama dengan klien tersebut
Jawaban: A