Iklan online adalah istilah yang luas yang digunakan untuk menggambarkan dibayar iklan yang penerbit menempatkan di situs Web mereka untuk memungkinkan mereka untuk memberikan konten dan layanan gratis. Tapi apa yang kebanyakan orang mendengar tentang adalah jenis tertentu dari iklan online yang disesuaikan dengan minat kemungkinan Anda dengan perusahaan mempromosikan produk atau jasa mereka. Hal ini dikenal sebagai Minat Iklan (IBA) , ketika itu terjadi di seluruh situs, dan Cross-App Advertising (CAA)ketika terjadi di seluruh aplikasi.
IBA / CAA sebabnya mengapa Anda melihat iklan yang relevan dengan Anda. Dengan jenis iklan, perusahaan anggota NAI dan pengiklan mengumpulkan informasi di beberapa situs yang Anda kunjungi dan aplikasi yang Anda gunakan.Mereka kemudian menggunakan informasi ini untuk mencoba untuk memprediksi apa iklan mungkin paling menarik untuk Anda .
Pada dasarnya, situs gratis dan aplikasi anda menikmati dapat digunakan untuk membantu melayani iklan yang Anda akan menemukan lebih bermakna, informatif, dan menarik, daripada akan orang itu duduk di sebelah Anda. Membaca artikel tentang wisata? Anda mungkin akan melihat iklan untuk perjalanan tak lama setelah. Memeriksa situs web musisi? Anda mungkin mendapatkan beberapa iklan untuk musik bermunculan segera juga.
IBA / CAA tidak tergantung pada informasi yang mungkin diidentifikasi secara pribadi kepada Anda seperti nama, nomor telepon, nomor Jaminan Sosial, dll Bahkan, sebagian besar perusahaan pihak ketiga tidak ingin tahu siapa Anda adalah untuk IBA / CAA. Mereka hanya ingin menghubungkan kategori minat (perjalanan cinta) atau data demografi (laki-laki di bawah 30) dengan browser Anda sehingga mereka dapat melayani sampai iklan yang relevan. Tentu saja, perusahaan yang berbeda menggunakan metode yang berbeda dari IBA / CAA.
Demikian pula, pengiklan umumnya tidak ingin tahu pengenal permanen perangkat mobile Anda untuk melayani Anda iklan yang relevan. Sebagian besar sistem operasi mobile modern mengandung Identifiers Iklan Mobile, atau pengenal lebih sementara, yang telah built-in kontrol privasi.Sebagai contoh, ID iklan pada perangkat Android, Windows, dan iOS memiliki opsi untuk memilih dari periklanan berbasis minat atau lintas-aplikasi iklan dan mereka memiliki pilihan bagi Anda untuk mengubah pengenal iklan Anda. Pengiklan kontrak diperlukan untuk menggunakan Mobile Advertising Identifier ramah privasi ini, bukan pengenal perangkat yang sebenarnya Anda. Ini berarti Anda memiliki kontrol atas apakah iklan yang relevan dengan Anda.
mobile browser saat ini tidak menggunakan Identifiers Iklan Mobile dan sebagai gantinya, menggunakan pengidentifikasi browser standar (sering, cookies). Ini berarti pilihan Anda berlaku untuk masing-masing browser dan identifier seluler secara terpisah.Y