Berikut adalah 14 soal exam pada pelatihan Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Meningkatkan Penjualan:
1. Sebuah copy memiliki kekuatan untuk membujuk target konsumen melakukan sebuah tindakan sesuai dengan ...
a. Goals atau tujuan iklan
b. Inti pesan iklan
c. Headline iklan
d. Media iklan
e. Keuntungan yang iklan tawarkan
Jawaban: A
2. Intan ingin membuat copy yang langsung bisa menarik perhatian target konsumen sejak pertama kali melihat, bagian copy manakah yang harus dibuat semenarik mungkin?
a. Call to Action
b. Subheading
c. Heading
d. Body Copy
e. Slogan
Jawaban: C
3. Arya ingin membeli mesin cuci. Sebagai referensi, dia melihat brosur mesin cuci A yang ada di toko elektronik. Setelah membaca brosur, Arya yang awalnya ragu jadi semakin yakin untuk membeli mesin cuci A. Contoh ini membuktikan jika copywriting memiliki kekuatan...
a. Promises
b. Persuade
c. Engage
d. Influence
e. Action
Jawaban: B
4. Di bawah ini yang merupakan ciri media luar ruang atau Out-of-Home Media adalah....
a. Bersifat selintas
b. Detail pada bagian body copy
c. Menonjolkan value proposition
d. Tidak menonjolkan visual
e. Memiliki bagian copy yang lengkap
Jawaban: A
5. "MENULISKAN CIRI UTAMA DARI PRODUK YANG DIJUAL"
merupakan komponen dari formula FAB, yaitu:
a. Feature
b. Advantage
c. Benefit
d. Action
e. Attention
Jawaban: A
6. Adel gemar menonton film lewat media streaming secara gratis. Suatu hari, Adel melihat iklan di media streaming tersebut yang berbunyi, "Daftar akun premium sekarang! Dapatkan free selama 3 bulan”. Tanpa menunggu lama, Adel langsung mendaftarkan akunnya, ke akun premium.
Psychological trigger yang digunakan dalam copy tersebut adalah...
a. Social proof
b. Curiosity
c. Reciprocity
d. Promises
e. Scarcity
Jawaban: C
7. Berikut ini contoh frasa yang menggunakan promises sebagai psychological trigger adalah...
a. "100% original"
b. "Beli sekarang"
c. "Hanya berlaku hari ini"
d. "Mau?"
e. "Ratusan orang sudah daftar member, kamu kapan?"
Jawaban: A
8. Karina membuat iklan video bertema Hari Ibu. Premis videonya adalah seorang anak yang terbiasa makan malam bersama ibunya dari kecil, tapi saat sudah dewasa dia hampir tidak pernah makan bersama lagi karena terlalu sibuk bekerja. Supaya lebih mengena ke emosi target konsumen, Karina menyematkan pertanyaan, "Kalau kamu, kapan terakhir makan bareng ibu?". Pertanyaan tersebut termasuk faktor penguat dalam teknik storytelling, yaitu...
a. Relatable
b. Keep it short and simple
c. Tepat sasaran
d. Tidak Relatable
e. Tidak tepat sasaran
Jawaban: A
9. Salah satu cara untuk mengasah creative thinking skill adalah membiasakan diri untuk berpikir...
a. Critical
b. Traditional
c. Conditional
d. Vertical
e. Lateral
Jawaban: E
10. Manfaat dari riset target audiens sebelum membuat copy adalah...
a. Mengetahui di media mana copy akan dipublikasikan
b. Mengetahui goals dari iklan
c. Menentukan style copy yang akan digunakan
d. Mengetahui karakteristik copy
e. Mengetahui panjang-pendeknya copy yang akan dibuat
Jawaban: C
11. "Hai, kamu! Nonton sama aku yuk;)".
Headline tersebut menggunakan salah satu dari 4-U Formula, yaitu...
a. Ultra-specific
b. Unique
c. Urgent
d. Useful
e. Unexpected
Jawaban: C
12. Andi ingin membuat call to action menggunakan reciprocity sebagai psychological triggers untuk mengurangi risiko penolakan. Maka, call to action yang Andi buat adalah...
a. Shop now
b. Terbatas hanya 2 hari
c. Get your ticket now and enjoy your holiday!
d. Subscribe sekarang dan dapatkan free streaming 2 bulan
e. Bantu Pak Adi berjualan lagi
Jawaban: D
13. Dalam creative brief, ada istilah objective yang akan membantu copywriter dalam membuat copy. Objective adalah...
a. Media iklan/campaign
b. Gaya iklan/campaign
c. Latar belakang brand company
d. Latar belakang iklan/campaign
e. Tujuan iklan/campaign
Jawaban: A
14. Dalam push notification dan email marketing, copy yang dibuat sering menyebut nama customer dan menggunakan emoji. Alasannya?
a. Mengikuti template copy yang sudah ada.
b. Agar terkesan lebih personal dan friendly.
c. Ingin menumbuhkan empati.
d. Mengikuti tren yang sedang viral.
e. Agar terlihat berbeda dari yang lain.
Jawaban: B
a. Goals atau tujuan iklan
b. Inti pesan iklan
c. Headline iklan
d. Media iklan
e. Keuntungan yang iklan tawarkan
Jawaban: A
2. Intan ingin membuat copy yang langsung bisa menarik perhatian target konsumen sejak pertama kali melihat, bagian copy manakah yang harus dibuat semenarik mungkin?
a. Call to Action
b. Subheading
c. Heading
d. Body Copy
e. Slogan
Jawaban: C
3. Arya ingin membeli mesin cuci. Sebagai referensi, dia melihat brosur mesin cuci A yang ada di toko elektronik. Setelah membaca brosur, Arya yang awalnya ragu jadi semakin yakin untuk membeli mesin cuci A. Contoh ini membuktikan jika copywriting memiliki kekuatan...
a. Promises
b. Persuade
c. Engage
d. Influence
e. Action
Jawaban: B
4. Di bawah ini yang merupakan ciri media luar ruang atau Out-of-Home Media adalah....
a. Bersifat selintas
b. Detail pada bagian body copy
c. Menonjolkan value proposition
d. Tidak menonjolkan visual
e. Memiliki bagian copy yang lengkap
Jawaban: A
5. "MENULISKAN CIRI UTAMA DARI PRODUK YANG DIJUAL"
merupakan komponen dari formula FAB, yaitu:
a. Feature
b. Advantage
c. Benefit
d. Action
e. Attention
Jawaban: A
6. Adel gemar menonton film lewat media streaming secara gratis. Suatu hari, Adel melihat iklan di media streaming tersebut yang berbunyi, "Daftar akun premium sekarang! Dapatkan free selama 3 bulan”. Tanpa menunggu lama, Adel langsung mendaftarkan akunnya, ke akun premium.
Psychological trigger yang digunakan dalam copy tersebut adalah...
a. Social proof
b. Curiosity
c. Reciprocity
d. Promises
e. Scarcity
Jawaban: C
7. Berikut ini contoh frasa yang menggunakan promises sebagai psychological trigger adalah...
a. "100% original"
b. "Beli sekarang"
c. "Hanya berlaku hari ini"
d. "Mau?"
e. "Ratusan orang sudah daftar member, kamu kapan?"
Jawaban: A
8. Karina membuat iklan video bertema Hari Ibu. Premis videonya adalah seorang anak yang terbiasa makan malam bersama ibunya dari kecil, tapi saat sudah dewasa dia hampir tidak pernah makan bersama lagi karena terlalu sibuk bekerja. Supaya lebih mengena ke emosi target konsumen, Karina menyematkan pertanyaan, "Kalau kamu, kapan terakhir makan bareng ibu?". Pertanyaan tersebut termasuk faktor penguat dalam teknik storytelling, yaitu...
a. Relatable
b. Keep it short and simple
c. Tepat sasaran
d. Tidak Relatable
e. Tidak tepat sasaran
Jawaban: A
9. Salah satu cara untuk mengasah creative thinking skill adalah membiasakan diri untuk berpikir...
a. Critical
b. Traditional
c. Conditional
d. Vertical
e. Lateral
Jawaban: E
10. Manfaat dari riset target audiens sebelum membuat copy adalah...
a. Mengetahui di media mana copy akan dipublikasikan
b. Mengetahui goals dari iklan
c. Menentukan style copy yang akan digunakan
d. Mengetahui karakteristik copy
e. Mengetahui panjang-pendeknya copy yang akan dibuat
Jawaban: C
11. "Hai, kamu! Nonton sama aku yuk;)".
Headline tersebut menggunakan salah satu dari 4-U Formula, yaitu...
a. Ultra-specific
b. Unique
c. Urgent
d. Useful
e. Unexpected
Jawaban: C
12. Andi ingin membuat call to action menggunakan reciprocity sebagai psychological triggers untuk mengurangi risiko penolakan. Maka, call to action yang Andi buat adalah...
a. Shop now
b. Terbatas hanya 2 hari
c. Get your ticket now and enjoy your holiday!
d. Subscribe sekarang dan dapatkan free streaming 2 bulan
e. Bantu Pak Adi berjualan lagi
Jawaban: D
13. Dalam creative brief, ada istilah objective yang akan membantu copywriter dalam membuat copy. Objective adalah...
a. Media iklan/campaign
b. Gaya iklan/campaign
c. Latar belakang brand company
d. Latar belakang iklan/campaign
e. Tujuan iklan/campaign
Jawaban: A
14. Dalam push notification dan email marketing, copy yang dibuat sering menyebut nama customer dan menggunakan emoji. Alasannya?
a. Mengikuti template copy yang sudah ada.
b. Agar terkesan lebih personal dan friendly.
c. Ingin menumbuhkan empati.
d. Mengikuti tren yang sedang viral.
e. Agar terlihat berbeda dari yang lain.
Jawaban: B