Berikut ini adalah 30 soal dan jawaban exam soal strategi efektid untuk menjual apapun dengan mudah:
1. Manakah dibawah ini yang merupakan teknik closing yang efektif?
Jawaban: A
2. Terdapat empat cara menjawab keberatan prospek, yaitu....
Jawaban: A
3. Metode apakah yang digunakan dalam membuat presentasi kepada prospek?
Jawaban: C
4. Bagaimana cara yang paling profesional untuk membangun kepercayaan dengan prospek?
Jawaban: A
5. Agar dapat menjual dengan baik, sales yang sukses harus lebih banyak...
Jawaban: C
6. Dalam Menggali Kebutuhan Prospek, apa yang paling penting harus ditanyakan?
Jawaban: C
7. Untuk menjadi sales yang sukses, rekan dapat menerapkan rumus berikut:
Jawaban: A
8. Peace of mind adalah salah satu dari manfaat emosional yang dapat membuat prospek semakin ingin membeli suatu produk. Manakah yang paling tepat menjadi contoh Peace of Mind?
Jawaban: A
9. Dalam memberikan pelayanan yang baaik seorang sales harus memahami dua mindset, yaitu...
Jawaban: C
10. Manakah langkah-langkah yang tepat dan harus dibiasakan sehingga lebih mudah dalam menggali kebutuhan prospek sampai closing?
Jawaban: C
11. Ciri-ciri prospek yang tepat adalah?
Jawaban: A
12. Tipe sales yang tepat dan sukses adalah...
Jawaban: B
13. Ciri-ciri prospek yang tepat adalah?
Jawaban: A
14. Salah satu cara mengatur ekspetasi customer yaitu....
Jawaban: B
15. Sebelum melakukan closing, seorang sales sebaiknya melakukan temperature checking terlebih dahulu yang dibagi menjadi cold and hot. Salah satu contoh temperature checking yang termasuk cold yaitu....
Jawaban: A
16. Dalam menggali Kebutuhan prospek, apa yang paling penting harus ditanyakan?
Jawaban: C
17. Apa langkah pertama setelah mempersiapkan diri & mental diri?
Jawaban: B
18. Pain adalah salahh satu manfaat emosional yang dapat membuat prospek semakin ingin beli. Manakah yang paling tepat menjadi contoh pain?
Jawaban: B
19. Manakah sikap yang paling efektif sebelum melakukan closing?
Jawaban: B
20. Sebagai sales harus memberikan presentasi yang JELAS sehingga prospek lebih mengerti mengenai produk yang akan mereka beli. Manakah di bawah ini paling yang benar?
Jawaban: D
21. Selling yourself adalah bagian penting dalam sukses menjual. Apa saja yang termasuk aspek-aspek selling yourself?
Jawaban: D
22. Perhatikan pilihan berikut!
I. Penolakan adalah hal yang umum
II. Penolakan akan lebih cepat mencapai hasil
III. Penolakan menghambat kesuksesan
IV. Penolakan adalah bagian dari penjualan
Sebelum menghadapi keberatan dari prospek sebaiknya seorang sales memiliki mindset yang ditunjukkan pada nomor...
Jawaban: B
23. Terdapat empat cara menjawab keberatan prospek, yaitu....
Jawaban: A
24. Apa virus yang paling berbahaya dan jika tertanam di dalam pola pikir seornag sales akan menghambat kesuksesannya?
Jawaban: C
25. Tipe sales yang sukses adalah...
Jawaban: B
26. Kesalahan fatal di awal yang menyebabkan sales tidak mendapatkan closing dari prospek?
Jawaban: C
27. Apa defenisi selling dengan pola pikir yang benar?
Jawaban: C
28. Perhatikan pilihan berikut!
I. Percaya diri
II. Prospek sangat happy dengan produknya
II. Fokus untuk membantu prospek
IV. Memikirkan bagaimana prospek membayar produk
Sebelum prospek menyatakan "Yes, I want" terhadap penawaran rekan, sebaiknya rekan mempersiapkan mindset sesuai dengan yang ditunjukkan oleh nomor....
Jawaban: A
29. Sebelum melakukan closing, seorang sales sebaiknya melakukan temperature checking terlebih dahulu yang dibagi menjadi cold and hot. Salah satu contoh temperature checking yang termasuk cold yaitu....
Jawaban: A
30. Bagaimana cara mengetahui kebutuhan yang paling dicari prospek?
Jawaban: A
- a. Assertive close & action close
- b. Assumptive close & puppy dog close
- c. Creative close & motivation close
- d. Success close & communication close
Jawaban: A
2. Terdapat empat cara menjawab keberatan prospek, yaitu....
- a. Jawaban, pertanyaan, testimoni & bukti
- b. Jawaban, masukan, saran, & manfaat
- c. Jawaban, saran, pujian, diskon & bonus
- d. Jawaban, pilihan, testimoni, & harga special
Jawaban: A
3. Metode apakah yang digunakan dalam membuat presentasi kepada prospek?
- a. SMART
- b. BATNA
- c. AIDA
- d. EBITDA
Jawaban: C
4. Bagaimana cara yang paling profesional untuk membangun kepercayaan dengan prospek?
- a. Dengan mencari kesamaan & hal-hal yang menggembirakan
- b. Dengan memberikan hadiah
- c. Dengan memberikan pujian
- d. Dengan melakukan pelayanan kepada prospek
Jawaban: A
5. Agar dapat menjual dengan baik, sales yang sukses harus lebih banyak...
- a. Menjelaskan
- b. Mempengaruhi
- c. Mendengarkan
- d. Meyakinkan
Jawaban: C
6. Dalam Menggali Kebutuhan Prospek, apa yang paling penting harus ditanyakan?
- a. Keadaan & Kondisi Prospek saat ini
- b. Mengapa Prospek harus membeli produk yang ditawarkan
- c. Masalah yang ada terjadi pada Prospek
- d. Apa yang diinginkan Prospek kedepannya
Jawaban: C
7. Untuk menjadi sales yang sukses, rekan dapat menerapkan rumus berikut:
- a. (Believe) X (Learning) X (Action) = Goal
- b. (Believe) X (Learning) X (Action) = Goal
- c. (Believe) X (Learning) X (Action) = Goal
- d. (Believe) X (Learning) X (Action) = Goal
Jawaban: A
8. Peace of mind adalah salah satu dari manfaat emosional yang dapat membuat prospek semakin ingin membeli suatu produk. Manakah yang paling tepat menjadi contoh Peace of Mind?
- a. Pak Haris merasa aman jika rumahnya dipasang teralis tinggi, maka ia sengaja memasang teralis banyak sekali
- b. Ibu Susui merasa harus beli skincare merek Z, karana banyak teman-temannya merekomendasikan dan ia merasa tidak enak kalau tidak pakai skincare tersebut.
- c. Pak Freddy merasa harus membeli mobil agar dapat membanggakan orang tuanya
- d. Ibu Susan merasa harus ikut kelas Zumba karena ia ingin lebih sehat dan tampil keren sehingga dipuji teman-temannya
Jawaban: A
9. Dalam memberikan pelayanan yang baaik seorang sales harus memahami dua mindset, yaitu...
- a. Closing adalah tujuan akhir dan sales yang tersenyum kepada customer
- b. Closing adalah tujuan akhir dan customer yang tersenyum kepada sales
- c. Closing bukanlah tujuan akhir dan customer yang tersenyum kepada sales
- d. Closing bukanlah tujuan akhir dan sales yang tersenyum kepada customer
Jawaban: C
10. Manakah langkah-langkah yang tepat dan harus dibiasakan sehingga lebih mudah dalam menggali kebutuhan prospek sampai closing?
- a. Bertanya, menjelaskan, meyakinkan, menawarkan, closing
- b. Bertanya, menjelaskan, mempengaruhi, meyakinkan, closing
- c. Bertanya, mendengarkan, memberi positive stroke, menjelaskan, menjawab keberatan, closing
- e. Bertanya, mendengarkan, mempengaruhi, menjelaskan, meyakinkan, closing
Jawaban: C
11. Ciri-ciri prospek yang tepat adalah?
- a. Banyak yang bertanya & fokus pada penjelasan
- b. Berpenampilan menarik
- c. Gaya bicara yang lantang
- d. Suka bercanda
Jawaban: A
12. Tipe sales yang tepat dan sukses adalah...
- a. Order taker
- b. Problem solver
- c. Over promise
- d. Under promise
Jawaban: B
13. Ciri-ciri prospek yang tepat adalah?
- a. Banyak yang bertanya & fokus pada penjelasan
- b. Berpenampilan menarik
- c. Gaya bicara yang lantang
- d. Suka bercanda
Jawaban: A
14. Salah satu cara mengatur ekspetasi customer yaitu....
- a. Beri janji di awal
- b. Cari kemungkinan agar customer menurunkan ekspetasinya
- c. Beri hadiah saat penawaran di awal
- d. Beri harga murah di awal penawaran
Jawaban: B
15. Sebelum melakukan closing, seorang sales sebaiknya melakukan temperature checking terlebih dahulu yang dibagi menjadi cold and hot. Salah satu contoh temperature checking yang termasuk cold yaitu....
- a. Prospek tidak merespon
- b. Prospek tertarik
- c. Prospek banyak bertanya
- d. Prospek bilang 'Ya'
Jawaban: A
16. Dalam menggali Kebutuhan prospek, apa yang paling penting harus ditanyakan?
- a. Keadaan dan kondisi prospek saat ini
- b. Mengapa prospek harus membeli produk yang ditawarkan
- c. Masalah yang ada terjadi pada prospek
- d. Apa yang diinginkan ke depannya
Jawaban: C
17. Apa langkah pertama setelah mempersiapkan diri & mental diri?
- a. Latihan cara presentasi produk
- b. Mencari tau siapa prospek yang tepat
- c. Menjadwalkan bertemu prospek
- d. Menghafal prodcut knowledge
Jawaban: B
18. Pain adalah salahh satu manfaat emosional yang dapat membuat prospek semakin ingin beli. Manakah yang paling tepat menjadi contoh pain?
- a. Pak Budi merasa nyaman tinggal di apartemen mewah karena sesuai dengan gayanya
- b. Ibu Tanti merasa harus membeli kulkas merek A takut dibilang kurang update oleh teman-temannya yang juga membeli kulkas merek tersebut
- c. Pak Herry memasang CCTV di rumahnya agar lebih tenang dan aman
- d. Ibu Shiella harus memiliki semua koleksi brand X agar merasa keren dan dipandang
Jawaban: B
19. Manakah sikap yang paling efektif sebelum melakukan closing?
- a. Diam dan menunggu
- b. Memperhatikan buying signal
- c. Percaya diri
- d. Membaca product knowledge
Jawaban: B
20. Sebagai sales harus memberikan presentasi yang JELAS sehingga prospek lebih mengerti mengenai produk yang akan mereka beli. Manakah di bawah ini paling yang benar?
- a. Tujuan bertanya (to ask) agar prospek menjawab
- b. Tujuan meyakinkan agar prospek setuju
- c. Tujuan menjelaskan (to explain) agar prospek beli
- d. Tujuan meyakinkan agar prospek berubah pendapat
Jawaban: D
21. Selling yourself adalah bagian penting dalam sukses menjual. Apa saja yang termasuk aspek-aspek selling yourself?
- a. Product knowledge & customer knowledge
- b. Latar belakang customer dan keunggulan produk
- c. Kemauan keras dan semangatd. Cara berjabat tanga, sikap diri, cara berpakaian, dan kesan pertama
Jawaban: D
22. Perhatikan pilihan berikut!
I. Penolakan adalah hal yang umum
II. Penolakan akan lebih cepat mencapai hasil
III. Penolakan menghambat kesuksesan
IV. Penolakan adalah bagian dari penjualan
Sebelum menghadapi keberatan dari prospek sebaiknya seorang sales memiliki mindset yang ditunjukkan pada nomor...
- a. I, II, dan III
- b. I, II, dan IV
- c. II, III, dan IV
- d. I, III, dan IV
Jawaban: B
23. Terdapat empat cara menjawab keberatan prospek, yaitu....
- a. Jawaban, pertanyaan, testimoni & bukti
- b. Jawaban, masukan, saran, & manfaat
- c. Jawaban, saran, pujian, diskon & bonus
- d. Jawaban,pilihan, testimoni, & harga special
Jawaban: A
24. Apa virus yang paling berbahaya dan jika tertanam di dalam pola pikir seornag sales akan menghambat kesuksesannya?
- a. Saya tidak tahu
- b. Saya tidak bisa
- c. Saya sudah tahu
- d. Saya sudah bisa
Jawaban: C
25. Tipe sales yang sukses adalah...
- a. Order taker
- b. Problem solver
- c. Over promise
- d. Under promise
Jawaban: B
26. Kesalahan fatal di awal yang menyebabkan sales tidak mendapatkan closing dari prospek?
- a. Tidak hafal product knowledge
- b. Tidak mengerti cara closing
- c. Tidak mengetahui perbedaan prospek dan suspect
- d. Tidak memberi kartu nama
Jawaban: C
27. Apa defenisi selling dengan pola pikir yang benar?
- a. Menjual produk kepada Prospek
- b. Menawarkan produk kepada Prospek
- c. Membantu prospek mendapatkan apa yang mereka butuhkan
- d. Menjelaskan produk kepada prospek untuk beli
Jawaban: C
28. Perhatikan pilihan berikut!
I. Percaya diri
II. Prospek sangat happy dengan produknya
II. Fokus untuk membantu prospek
IV. Memikirkan bagaimana prospek membayar produk
Sebelum prospek menyatakan "Yes, I want" terhadap penawaran rekan, sebaiknya rekan mempersiapkan mindset sesuai dengan yang ditunjukkan oleh nomor....
- a. I, II, dan III
- b. I, II, dan IV
- c. I, III, dan IV
- d. II, III, dan IV
Jawaban: A
29. Sebelum melakukan closing, seorang sales sebaiknya melakukan temperature checking terlebih dahulu yang dibagi menjadi cold and hot. Salah satu contoh temperature checking yang termasuk cold yaitu....
- a. Prospek tidak merespon
- b. Prospek tertarik
- c. Prospek banyak bertanya
- d. Prospek bilang 'Ya'
Jawaban: A
30. Bagaimana cara mengetahui kebutuhan yang paling dicari prospek?
- a. Menggali pertanyaan lebih dalam
- b. Menyurvei prospek dan mencari tahu gaya hidupnya
- c. Memberikan testimoni-testimoni dari customer
- d. Memberikan presentasi detail dari produk yang ditawarkan
Jawaban: A