Berikut adalah 20 soal exam pada pelatihan Sukses Bisnis Online Shop Di Instagram
Berikut adalah 20 soal exam pada pelatihan Sukses Bisnis Online Shop Di Instagram
Update 20 Soal terbaru Gelombang 5.
1. Salah satu alasan terkuat Instagram cocok sebagai platform online shop adalah...
a. Market Instagram di Indonesia sangat besar
b. Di Instagram dapat langsung melakukan proses jual beli
c. Followers di Instagram cepat meningkat
d. Image Brand Lifestyle di Instagram lumayan kuat
Jawaban: A
2. Penerapan Start Small & Think Big dalam berbisnis online shop ditunjukkan pada sikap...
a. Membeli banyak stok barang
b. Merekrut beberapa pegawai
c. Fokus ke satu kategori bisnis saja
d. Mulai dari hal kecil dan tidak terburu-buru
Jawaban: D
3. Dropshipper mengeluarkan modal yang cenderung lebih disebabkan oleh....
a. Barang yang dijual dropshipper murah
b. Dropshipper sifatnya hanya menjual gambar
c. Dropshipper tidak memiliki kontrol apapun terhadap produk yang dipasarkan
d. Harga barang yang dijual tidak mengikat konsumen
Jawaban: B
4. Perhatikan gambar berikut!
Gambar diatas merupakan jenis konten...
a. Single Product
b. Model Shot
c. Product Shot
d. Endorsement
Jawaban: C
5. Jenis video di Instagram yang lebih cocok dibuat secara spontanitas adalah...
a. Video feed dan Video Stories
b. Video feed dan IGTV
c. IGTV dan Instagram Live
d. Video Stories dan Instagram Live
Jawaban: D
6. Dibawah ini yang tidak termasuk Cara membuat caption yang menarik
a. Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda
b. Berikan pesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption
c. Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual
d. Berikan info jika produk anda masih tersedia dalam jumlah banyak
Jawaban: D
7. Manakah yang lebih baik digunakan dalam mempromosikan online shop?
a. Organic saja
b. Organic ditambah dengan Paid Ads
c. Paid Ads saja
d. Organic ditambah dengan Automation
Jawaban : B
8. Dibawah ini yang tidak boleh di automatisasi saat menjalankan automation di Instagram adalah...
a. Like
b. Comment
c. Follow
d. Unfollow
Jawaban: B
9. Hal yang harus dilakukan saat menutup percakapan dengan pelanggan adalah...
a. Memberikan salam
b. Memberikan penawaran promosi
c. Memberikan Informasi ketersediaan produk
d. Memberikan informasi harga produk
Jawaban: B
10. E-commerce atau kegiatan berdagang melalui platform elektronik menduduki peringkat pertama dalam kegiatan berinternet.
Apa peluang yang dapat anda manfaatkan dari keadaan ini?
a. Berjualan online berpeluang besar dalam mendapatkan uang karena banyak yang berbelanja secara online
b. Berjualan secara langsung di toko fisik kurang menguntungkan
c. Tidak terlalu berpengaruh pada sektor perdagangan
d. Berjualan online semakin memiliki banyak saingan
e. Berjualan offline semakin memiliki sedikit saingan
Jawaban: A
11. Jika anda adalah seorang penjual kue kering di sebuah toko online, maka keyword yang tepat untuk bisa meningkatkan discoverability pada nama produk adalah...
a. Aneka cake lumer
b. Keripik singkong bergizi
c. Kue kering nastar keju enak
d. Kue kering lebaran sehat
e. Snack gurih murah
Jawaban: C
12. Perhatikan hal-hal berikut!
Cara penggunaan
Foto dari berbagai sisi
Pilihan warna
Foto utama produk dengan lambang brand
Hal-hal yang dapat anda masukkan di secondary image adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 1, 2, 4
d. 1, 2, 3, 4
e. 3 dan 4
Jawaban: A
13. Perhatikan hal-hal berikut!
Tanggal kadaluarsa
Ukuran per kemasan
Bahan dasar
Jenis pengemasan
Jumlah per sajian
Jika anda berjualan Frozen food atau makanan yang dibekukan, maka hal-hal yang perlu dituliskan dalam deskripsi produk adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 1, 2, 3, dan 4
e. Semua benar
Jawaban: E
14. Rata-rata, konsumen membeli roti di toko kue Anda adalah sebesar Rp 35.000,00 dalam satu transaksi.
Jika anda ingin membuat promosi gratis ongkir, berapakah sebaiknya minimal pembelian yang diisyaratkan?
a. Rp 42.000,00
b. Rp 45.000,00
c. Rp 52.000,00
d. Rp 55.000,00
e. Rp 57.000,00
Jawaban: B
15. Bayangkan anda berjualan kue kering. Dalam hal marketing dan promosi untuk meningkatkan penjualan, maka hal yang tepat dilakukan adalah...
a. Memberikan foto yang jelas dari lima sisi pada hero image
b. Membuat bundle jika membeli tiga produk akan mendapat harga spesial
c. Memastikan kesediaan stok barang
d. Menulis keyword yang spesifik merujuk pada kue yang dijual
e. Semua jawaban benar
Jawaban: B
16. Jika anda berjualan pakaian anak, maka bentuk promosi untuk membuat pelanggan semakin mengetahui tampilan produk dan tergiur untuk membeli produk anda adalah...
a. Menuliskan keyword "baju anak usia 4-6 tahun"
b. Membalas chat pelanggan dalam waktu kurang dari 30 menit
c. Menuliskan pilihan warna dan ukuran
d. Live streaming yang berisi bagaimana tampilan baju jika dipakai pada anak dan memberi voucher pada saat live
e. Memastikan stok barang tersedia
Jawaban: D
17. Berjualan di e-commerce artinya memudahkan pelanggan anda untuk belanja di setiap waktu. Meski Anda tidak bisa online 24 jam, untuk tetap bisa melayani pertanyaan pelanggan, apa yang sebaiknya anda lakukan?
a. Membuat auto reply atau balasan otomatis atas pertanyaan yang sering diajukan
b. Menuliskan di deskripsi bahwa chat hanya akan dibalas pada jam-jam tertentu
c. Membalas ketika sempat dan meminta maaf karena lambat dalam membalas
d. Membiarkan chat yang sudah terlalu lama untuk tidak dibalas
e. Membalas seperti biasa
Jawaban: A
18. Jika anda berjualan jilbab, maka konten live streaming yang tepat diberikan adalah...
a. Tutorial pemakaian jilbab dan memperlihatkan model terbaru
b. Memberi info harga jilbab
c. Memberi info durasi pengiriman jilbab
d. Membahas mengenai proses pengemasan jilbab
e. Mengingatkan penonton untuk membeli jilbab di toko anda
Jawaban: A
19. Perhatikan hal-hal berikut!
Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan sebuah brand atau merek pada kolom pencarian e-commerce
Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan kata benda yang berhubungan dengan produk yang dijual pada kolom pencarian e-commerce
Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan nama toko kita pada kolom pencarian e-commerce
Melihat jumlah followers dan viewers pada saat live streaming
Cara memeriksa tingkat discoverability toko anda adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2 dan 4
d. 4 saja
e. Semua benar
Jawaban: A
20. Untuk melihat kecocokan kita dengan bisnis yang dijalankan adalah dengan cara fokus pada 1 kategori bisnis, setidaknya....
a. 2 bulan
b. 6 bulan
c. 1 tahun
d. 2 tahun
e. 5 tahun
Jawaban: D
Update Soal Gelombang 1-4
1. Tujuan terpenting dari membangun online shop adalah....
a. Mendapat sanjungan dari teman
b. Membangun bisnis online shop yang sukses
c. Mendapat banyak Followers
d. Menghasilkan omzet maksimal
Jawaban: D
2. Salah satu alasan terkuat Instagram cocok sebagai platform online shop adalah...
a. Market Instagram di Indonesia sangat besar
b. Di Instagram dapat langsung melakukan proses jual beli
c. Followers di Instagram cepat meningkat
d. Image Brand Lifestyle di Instagram lumayan kuat
Jawaban: A
3. Penerapan Start Small & Think Big dalam berbisnis online shop ditunjukkan pada sikap...
a. Membeli banyak stok barang
b. Merekrut beberapa pegawai
c. Fokus ke satu kategori bisnis saja
d. Mulai dari hal kecil dan tidak terburu-buru
Jawaban: D
4. Tujuan Milestone dalam menetapkan Goals dari Online shop adalah....
a. Sebagai target Harian yang harus di capai
b. Sebagai bentuk evaluasi dan menyusun strategi untuk mencapai milestone berikutnya
c. Agar Goal dapat diukur dengan tepat
d. Agar Goal dapat dilihat setiap hari
Jawaban: B
5. Dibawah ini yang tidak termasuk cara membuat goal yang benar yaitu
a. Goal harus konkret
b. Goal harus punya limit
c. Goal harus ditulis dan bisa dilihat setiap hari
d. Goal bersifat tujuan sederhana
Jawaban: D
6. Cara menemukan produk yang tepat untuk dijual yaitu...
a. Cari produk yang sudah laku, dan lihat kekurangannya
b. Cari produk yang sudah laku, dan lihat kelebihannya
c. Cari produk yang belum laku, dan lihat kekurangannya
d. c. Cari produk yang belum laku, dan lihat kelebihannya
Jawaban: A
7. Dropshipper mengeluarkan modal yang cenderung lebih disebabkan oleh....
a. Barang yang dijual dropshipper murah
b. Dropshipper sifatnya hanya menjual gambar
c. Dropshipper tidak memiliki kontrol apapun terhadap produk yang dipasarkan
d. Harga barang yang dijual tidak mengikat konsumen
Jawaban: B
8. Dibawah ini pernyataan yang salah tentang kelebihan Reseller adalah...
a. Reseller dapat mengontrol harga dibandingkan dropshipper
b. Reseller memiliki control parsial, khususnya pada proses pengiriman
c. Reseller mengeluarkan modal lebih kecil dibandingkan dengan dropshipper
d. Reseller membantu penjual untuk lebih berkomitmen karena mengeluarkan modal lebih besar
Jawaban: C
9. Kelebihan Produsen dibandingkan dengan tipe penjual lainnnya adalah...
a. Produsen memiliki kontrol penuh terhadap barang yang diproduksi untuk dipasarkan
b. Produsen membutuhkan jumlah karyawan yang lebih sedikit
c. Produsen membutuhkan modal tidak terlalu besar.
d. Produsen memberikan citra negatif online shop di mata industri,
Jawaban: A
10. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar diatas merupakan jenis konten...
a. Single Product
b. Model Shot
c. Product Shot
d. Endorsement
Jawaban: C
11. Testimoni pelanggan dapat dijadikan konten di Instagram karena...
a. Testimoni dapat di screenshoot
b. Testimoni mudah diminta
c. Testimoni yang positif meningkatkan kepercayaan pelanggan
d. Testimoni indikator kesuksesan bisnis
Jawaban: C
12. Konten yang baik adalah konten yang...
a. Harus In Sync dengan branding
b. Harus Banyak yang diupload
c. Harus berwarna warni
d. Harus berjadwal
Jawaban: A
13. Pernyataan yang salah tentang waktu yang tepat untuk unggah konten adalah...
a. Lakukan waktu posting yang bersamaan dengan kompetitor
b. Pastikan waktu posting Anda lebih dulu dibandingkan kompetitor
c. Sesuaikan waktu posting dengan waktu online customer
d. Posting setidaknya 1 kali sehari
Jawaban: A
14. Contoh penulisan Username Instagram yang baik dibawah ini adalah...
a. Hijab278984
b. Hijab_Modern_Jakarta
c. Hijab.Jakarta
d. Hijab.modern-jakarta
Jawaban: C
15. Pasangan yang benar pada Perbandinganantara photoshoot dengan model sendiri dan menggunakan agency adalah...
a. 1. Model sendiri membutuhkan modal banyak
2. Menggunakan agency membutuhkan modal sedikit
b. 1. Model sendiri mendapatkan foto terbatas
2. Menggunakan agency mendapatkan foto banyak
c. 1. Model sendiri merepotkan dalam concepting
2. Menggunakan agency memudahkan concepting
d. 1. Model sendiri bisa dipilih
2. Menggunakan agency tidak bisa dipilih
Jawaban: A
16. Jenis video di Instagram yang lebih cocok dibuat secara spontanitas adalah...
a. Video feed dan Video Stories
b. Video feed dan IGTV
c. IGTV dan Instagram Live
d. Video Stories dan Instagram Live
Jawaban: D
17. Dibawah ini yang tidak termasuk Cara membuat caption yang menarik
a. Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda
b. Berikan pesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption
c. Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual
d. Berikan info jika produk anda masih tersedia dalam jumlah banyak
Jawaban: D
18. Promo sebaiknya diumumkan pada saat....
a. Pada saat jam dimulainya promo
b. Hari H promo
c. 1-3 Hari sebelum hari H
d. 1-2 Minggu sebelum hari
Jawaban: D
19. Manakah yang lebih baik digunakan dalam mempromosikan online shop?
a. Organic saja
b. Organic ditambah dengan Paid Ads
c. Paid Ads saja
d. Organic ditambah dengan Automation
Jawaban : B
20. Pernyataan yang salah tentang jumlah Influencer Adalah
a. Mega influencer, memiliki jutaan pengikut di Instagram
b. Macro influencer, memiliki lebih dari 500 ribu pengikut di Instagram
c. Micro influencer, memiliki kurang dari 100 ribu pengikut di Instagram
d. Nano influencer memiliki kurang dari 50 ribu pengikut di Instagram
Jawaban: C
21. Cara memilih influencer yang lebih tepat adalah...
a. Pilih influencer dengan followers yang cukup tinggi
b. Pilih influencer dengan engagement rate yang cukup tinggi
c. Pilih influencer yang memiliki foto yang bagus
d. Pilih influencer yang tampan atau cantik
Jawaban: B
22. Dibawah ini yang tidak boleh di automatisasi saat menjalankan automation di Instagram adalah...
a. Like
b. Comment
c. Follow
d. Unfollow
Jawaban: B
23. Dibawah ini yang bukan tujuan diadakannya Customer service adalah...
a. Menanggapi pesanan (Take order)
b. Meyakinkan customer untuk membeli (Closing)
c. Menghitung jumlah barang(Database)
d. Memelihara pelanggan (Nurture)
Jawaban: C
24. Hal yang harus dilakukan saat menutup percakapan dengan pelanggan adalah...
a. Memberikan salam
b. Memberikan penawaran promosi
c. Memberikan Informasi ketersediaan produk
d. Memberikan informasi harga produk
Jawaban: B
25. Kelemahan whatsapp dibandingkan dengan Line@ sebagai platform customer service adalah...
a. WhatsApp tidak memungkinkanuntuk menyebarkan promo produk
b. Whatsapp tidak memiliki sticker
c. Whatsapp terbatas dalam jumlah teks sebuah pesan
d. Jumlah pengguna whatsapp yang sedikit di Indonesia
Jawaban: A
26. Dibawah ini yang bukan cara mengembangkan bisnis online shop adalah...
a. Jalin kerja sama dengan brand online shop Instagram sejenis lainnya
b. Membangun pop-up store
c. Memperbanyak kategori bisnis
d. Membangun flag store
Jawaban: C
27. Untuk melihat kecocokan kita dengan bisnis yang dijalankan adalah dengan cara fokus pada 1 kategori bisnis, setidaknya....
a. 2 bulan
b. 6 bulan
c. 1 tahun
d. 2 tahun
Jawaban: D
1. Salah satu alasan terkuat Instagram cocok sebagai platform online shop adalah...
a. Market Instagram di Indonesia sangat besar
b. Di Instagram dapat langsung melakukan proses jual beli
c. Followers di Instagram cepat meningkat
d. Image Brand Lifestyle di Instagram lumayan kuat
Jawaban: A
2. Penerapan Start Small & Think Big dalam berbisnis online shop ditunjukkan pada sikap...
a. Membeli banyak stok barang
b. Merekrut beberapa pegawai
c. Fokus ke satu kategori bisnis saja
d. Mulai dari hal kecil dan tidak terburu-buru
Jawaban: D
3. Dropshipper mengeluarkan modal yang cenderung lebih disebabkan oleh....
a. Barang yang dijual dropshipper murah
b. Dropshipper sifatnya hanya menjual gambar
c. Dropshipper tidak memiliki kontrol apapun terhadap produk yang dipasarkan
d. Harga barang yang dijual tidak mengikat konsumen
Jawaban: B
4. Perhatikan gambar berikut!
Gambar diatas merupakan jenis konten...
a. Single Product
b. Model Shot
c. Product Shot
d. Endorsement
Jawaban: C
5. Jenis video di Instagram yang lebih cocok dibuat secara spontanitas adalah...
a. Video feed dan Video Stories
b. Video feed dan IGTV
c. IGTV dan Instagram Live
d. Video Stories dan Instagram Live
Jawaban: D
6. Dibawah ini yang tidak termasuk Cara membuat caption yang menarik
a. Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda
b. Berikan pesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption
c. Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual
d. Berikan info jika produk anda masih tersedia dalam jumlah banyak
Jawaban: D
7. Manakah yang lebih baik digunakan dalam mempromosikan online shop?
a. Organic saja
b. Organic ditambah dengan Paid Ads
c. Paid Ads saja
d. Organic ditambah dengan Automation
Jawaban : B
8. Dibawah ini yang tidak boleh di automatisasi saat menjalankan automation di Instagram adalah...
a. Like
b. Comment
c. Follow
d. Unfollow
Jawaban: B
9. Hal yang harus dilakukan saat menutup percakapan dengan pelanggan adalah...
a. Memberikan salam
b. Memberikan penawaran promosi
c. Memberikan Informasi ketersediaan produk
d. Memberikan informasi harga produk
Jawaban: B
10. E-commerce atau kegiatan berdagang melalui platform elektronik menduduki peringkat pertama dalam kegiatan berinternet.
Apa peluang yang dapat anda manfaatkan dari keadaan ini?
a. Berjualan online berpeluang besar dalam mendapatkan uang karena banyak yang berbelanja secara online
b. Berjualan secara langsung di toko fisik kurang menguntungkan
c. Tidak terlalu berpengaruh pada sektor perdagangan
d. Berjualan online semakin memiliki banyak saingan
e. Berjualan offline semakin memiliki sedikit saingan
Jawaban: A
11. Jika anda adalah seorang penjual kue kering di sebuah toko online, maka keyword yang tepat untuk bisa meningkatkan discoverability pada nama produk adalah...
a. Aneka cake lumer
b. Keripik singkong bergizi
c. Kue kering nastar keju enak
d. Kue kering lebaran sehat
e. Snack gurih murah
Jawaban: C
12. Perhatikan hal-hal berikut!
Cara penggunaan
Foto dari berbagai sisi
Pilihan warna
Foto utama produk dengan lambang brand
Hal-hal yang dapat anda masukkan di secondary image adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 1, 2, 4
d. 1, 2, 3, 4
e. 3 dan 4
Jawaban: A
13. Perhatikan hal-hal berikut!
Tanggal kadaluarsa
Ukuran per kemasan
Bahan dasar
Jenis pengemasan
Jumlah per sajian
Jika anda berjualan Frozen food atau makanan yang dibekukan, maka hal-hal yang perlu dituliskan dalam deskripsi produk adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 1, 2, 3, dan 4
e. Semua benar
Jawaban: E
14. Rata-rata, konsumen membeli roti di toko kue Anda adalah sebesar Rp 35.000,00 dalam satu transaksi.
Jika anda ingin membuat promosi gratis ongkir, berapakah sebaiknya minimal pembelian yang diisyaratkan?
a. Rp 42.000,00
b. Rp 45.000,00
c. Rp 52.000,00
d. Rp 55.000,00
e. Rp 57.000,00
Jawaban: B
15. Bayangkan anda berjualan kue kering. Dalam hal marketing dan promosi untuk meningkatkan penjualan, maka hal yang tepat dilakukan adalah...
a. Memberikan foto yang jelas dari lima sisi pada hero image
b. Membuat bundle jika membeli tiga produk akan mendapat harga spesial
c. Memastikan kesediaan stok barang
d. Menulis keyword yang spesifik merujuk pada kue yang dijual
e. Semua jawaban benar
Jawaban: B
16. Jika anda berjualan pakaian anak, maka bentuk promosi untuk membuat pelanggan semakin mengetahui tampilan produk dan tergiur untuk membeli produk anda adalah...
a. Menuliskan keyword "baju anak usia 4-6 tahun"
b. Membalas chat pelanggan dalam waktu kurang dari 30 menit
c. Menuliskan pilihan warna dan ukuran
d. Live streaming yang berisi bagaimana tampilan baju jika dipakai pada anak dan memberi voucher pada saat live
e. Memastikan stok barang tersedia
Jawaban: D
17. Berjualan di e-commerce artinya memudahkan pelanggan anda untuk belanja di setiap waktu. Meski Anda tidak bisa online 24 jam, untuk tetap bisa melayani pertanyaan pelanggan, apa yang sebaiknya anda lakukan?
a. Membuat auto reply atau balasan otomatis atas pertanyaan yang sering diajukan
b. Menuliskan di deskripsi bahwa chat hanya akan dibalas pada jam-jam tertentu
c. Membalas ketika sempat dan meminta maaf karena lambat dalam membalas
d. Membiarkan chat yang sudah terlalu lama untuk tidak dibalas
e. Membalas seperti biasa
Jawaban: A
18. Jika anda berjualan jilbab, maka konten live streaming yang tepat diberikan adalah...
a. Tutorial pemakaian jilbab dan memperlihatkan model terbaru
b. Memberi info harga jilbab
c. Memberi info durasi pengiriman jilbab
d. Membahas mengenai proses pengemasan jilbab
e. Mengingatkan penonton untuk membeli jilbab di toko anda
Jawaban: A
19. Perhatikan hal-hal berikut!
Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan sebuah brand atau merek pada kolom pencarian e-commerce
Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan kata benda yang berhubungan dengan produk yang dijual pada kolom pencarian e-commerce
Mengecek kemunculan toko dengan memasukkan nama toko kita pada kolom pencarian e-commerce
Melihat jumlah followers dan viewers pada saat live streaming
Cara memeriksa tingkat discoverability toko anda adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2 dan 4
d. 4 saja
e. Semua benar
Jawaban: A
20. Untuk melihat kecocokan kita dengan bisnis yang dijalankan adalah dengan cara fokus pada 1 kategori bisnis, setidaknya....
a. 2 bulan
b. 6 bulan
c. 1 tahun
d. 2 tahun
e. 5 tahun
Jawaban: D
Update Soal Gelombang 1-4
1. Tujuan terpenting dari membangun online shop adalah....
a. Mendapat sanjungan dari teman
b. Membangun bisnis online shop yang sukses
c. Mendapat banyak Followers
d. Menghasilkan omzet maksimal
Jawaban: D
2. Salah satu alasan terkuat Instagram cocok sebagai platform online shop adalah...
a. Market Instagram di Indonesia sangat besar
b. Di Instagram dapat langsung melakukan proses jual beli
c. Followers di Instagram cepat meningkat
d. Image Brand Lifestyle di Instagram lumayan kuat
Jawaban: A
3. Penerapan Start Small & Think Big dalam berbisnis online shop ditunjukkan pada sikap...
a. Membeli banyak stok barang
b. Merekrut beberapa pegawai
c. Fokus ke satu kategori bisnis saja
d. Mulai dari hal kecil dan tidak terburu-buru
Jawaban: D
4. Tujuan Milestone dalam menetapkan Goals dari Online shop adalah....
a. Sebagai target Harian yang harus di capai
b. Sebagai bentuk evaluasi dan menyusun strategi untuk mencapai milestone berikutnya
c. Agar Goal dapat diukur dengan tepat
d. Agar Goal dapat dilihat setiap hari
Jawaban: B
5. Dibawah ini yang tidak termasuk cara membuat goal yang benar yaitu
a. Goal harus konkret
b. Goal harus punya limit
c. Goal harus ditulis dan bisa dilihat setiap hari
d. Goal bersifat tujuan sederhana
Jawaban: D
6. Cara menemukan produk yang tepat untuk dijual yaitu...
a. Cari produk yang sudah laku, dan lihat kekurangannya
b. Cari produk yang sudah laku, dan lihat kelebihannya
c. Cari produk yang belum laku, dan lihat kekurangannya
d. c. Cari produk yang belum laku, dan lihat kelebihannya
Jawaban: A
7. Dropshipper mengeluarkan modal yang cenderung lebih disebabkan oleh....
a. Barang yang dijual dropshipper murah
b. Dropshipper sifatnya hanya menjual gambar
c. Dropshipper tidak memiliki kontrol apapun terhadap produk yang dipasarkan
d. Harga barang yang dijual tidak mengikat konsumen
Jawaban: B
8. Dibawah ini pernyataan yang salah tentang kelebihan Reseller adalah...
a. Reseller dapat mengontrol harga dibandingkan dropshipper
b. Reseller memiliki control parsial, khususnya pada proses pengiriman
c. Reseller mengeluarkan modal lebih kecil dibandingkan dengan dropshipper
d. Reseller membantu penjual untuk lebih berkomitmen karena mengeluarkan modal lebih besar
Jawaban: C
9. Kelebihan Produsen dibandingkan dengan tipe penjual lainnnya adalah...
a. Produsen memiliki kontrol penuh terhadap barang yang diproduksi untuk dipasarkan
b. Produsen membutuhkan jumlah karyawan yang lebih sedikit
c. Produsen membutuhkan modal tidak terlalu besar.
d. Produsen memberikan citra negatif online shop di mata industri,
Jawaban: A
10. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar diatas merupakan jenis konten...
a. Single Product
b. Model Shot
c. Product Shot
d. Endorsement
Jawaban: C
11. Testimoni pelanggan dapat dijadikan konten di Instagram karena...
a. Testimoni dapat di screenshoot
b. Testimoni mudah diminta
c. Testimoni yang positif meningkatkan kepercayaan pelanggan
d. Testimoni indikator kesuksesan bisnis
Jawaban: C
12. Konten yang baik adalah konten yang...
a. Harus In Sync dengan branding
b. Harus Banyak yang diupload
c. Harus berwarna warni
d. Harus berjadwal
Jawaban: A
13. Pernyataan yang salah tentang waktu yang tepat untuk unggah konten adalah...
a. Lakukan waktu posting yang bersamaan dengan kompetitor
b. Pastikan waktu posting Anda lebih dulu dibandingkan kompetitor
c. Sesuaikan waktu posting dengan waktu online customer
d. Posting setidaknya 1 kali sehari
Jawaban: A
14. Contoh penulisan Username Instagram yang baik dibawah ini adalah...
a. Hijab278984
b. Hijab_Modern_Jakarta
c. Hijab.Jakarta
d. Hijab.modern-jakarta
Jawaban: C
15. Pasangan yang benar pada Perbandinganantara photoshoot dengan model sendiri dan menggunakan agency adalah...
a. 1. Model sendiri membutuhkan modal banyak
2. Menggunakan agency membutuhkan modal sedikit
b. 1. Model sendiri mendapatkan foto terbatas
2. Menggunakan agency mendapatkan foto banyak
c. 1. Model sendiri merepotkan dalam concepting
2. Menggunakan agency memudahkan concepting
d. 1. Model sendiri bisa dipilih
2. Menggunakan agency tidak bisa dipilih
Jawaban: A
16. Jenis video di Instagram yang lebih cocok dibuat secara spontanitas adalah...
a. Video feed dan Video Stories
b. Video feed dan IGTV
c. IGTV dan Instagram Live
d. Video Stories dan Instagram Live
Jawaban: D
17. Dibawah ini yang tidak termasuk Cara membuat caption yang menarik
a. Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda
b. Berikan pesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption
c. Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual
d. Berikan info jika produk anda masih tersedia dalam jumlah banyak
Jawaban: D
18. Promo sebaiknya diumumkan pada saat....
a. Pada saat jam dimulainya promo
b. Hari H promo
c. 1-3 Hari sebelum hari H
d. 1-2 Minggu sebelum hari
Jawaban: D
19. Manakah yang lebih baik digunakan dalam mempromosikan online shop?
a. Organic saja
b. Organic ditambah dengan Paid Ads
c. Paid Ads saja
d. Organic ditambah dengan Automation
Jawaban : B
20. Pernyataan yang salah tentang jumlah Influencer Adalah
a. Mega influencer, memiliki jutaan pengikut di Instagram
b. Macro influencer, memiliki lebih dari 500 ribu pengikut di Instagram
c. Micro influencer, memiliki kurang dari 100 ribu pengikut di Instagram
d. Nano influencer memiliki kurang dari 50 ribu pengikut di Instagram
Jawaban: C
21. Cara memilih influencer yang lebih tepat adalah...
a. Pilih influencer dengan followers yang cukup tinggi
b. Pilih influencer dengan engagement rate yang cukup tinggi
c. Pilih influencer yang memiliki foto yang bagus
d. Pilih influencer yang tampan atau cantik
Jawaban: B
22. Dibawah ini yang tidak boleh di automatisasi saat menjalankan automation di Instagram adalah...
a. Like
b. Comment
c. Follow
d. Unfollow
Jawaban: B
23. Dibawah ini yang bukan tujuan diadakannya Customer service adalah...
a. Menanggapi pesanan (Take order)
b. Meyakinkan customer untuk membeli (Closing)
c. Menghitung jumlah barang(Database)
d. Memelihara pelanggan (Nurture)
Jawaban: C
24. Hal yang harus dilakukan saat menutup percakapan dengan pelanggan adalah...
a. Memberikan salam
b. Memberikan penawaran promosi
c. Memberikan Informasi ketersediaan produk
d. Memberikan informasi harga produk
Jawaban: B
25. Kelemahan whatsapp dibandingkan dengan Line@ sebagai platform customer service adalah...
a. WhatsApp tidak memungkinkanuntuk menyebarkan promo produk
b. Whatsapp tidak memiliki sticker
c. Whatsapp terbatas dalam jumlah teks sebuah pesan
d. Jumlah pengguna whatsapp yang sedikit di Indonesia
Jawaban: A
26. Dibawah ini yang bukan cara mengembangkan bisnis online shop adalah...
a. Jalin kerja sama dengan brand online shop Instagram sejenis lainnya
b. Membangun pop-up store
c. Memperbanyak kategori bisnis
d. Membangun flag store
Jawaban: C
27. Untuk melihat kecocokan kita dengan bisnis yang dijalankan adalah dengan cara fokus pada 1 kategori bisnis, setidaknya....
a. 2 bulan
b. 6 bulan
c. 1 tahun
d. 2 tahun
Jawaban: D