www.rumah-yatim.org

Sejarah Rumah Yatim





Latar Belakang 
April 1997, salah seorang rekan kami ( Sdr. Abdullah ) meninggal dunia. Penyakit ginjalnya yang sudah akut memisahkannya dari kehidupan ini, dari seorang isteri dan dari empat orang buah hatinya yang masih kecil-kecil. M. Iqbal (5 Thn), Aty Nuraini (3,5), M. Faruq Waliullah (2) dan Salma Hanifah (5 Bln) harus menerima kenyataan menghadapi dan menjalani kehidupan tanpa kasih sayang dan bimbingan sang ayah. Kondisi ini membuat kami merasa sangat prihatin. Tak terbayangkan bagaimana sang ibu ( Zainab Hayati, 36 Thn ) akan berjuang membesarkan, dan memberikan bekal terbaik untuk masa depan keempat buah hatinya.Bekal yang ditinggalkan almarhum pun tidaklah terlalu besar dan tentu akan sangat minim untuk membiayai dan memenuhi segala kebutuhan mereka. Kami pun tergerak untuk membantu mereka. Dengan segala keterbatasan yang ada kami mencoba menyisihkan apa yang kami miliki untuk membantu mereka memenuhi kebutuhannya yang untuk kondisi seperti sekarang ini memang tidak mudah. 
Secara bersama, kami mengontrak sebuah rumah sederhana untuk tempat tinggal mereka dan kami pun upayakan mereka dapat bersekolah sebagaimana layaknya. 

Ternyata Kami tidak sendiri 
Tanpa diduga, para tetangga yang tinggal di sekitar rumah sederhana yang kami kontrak menaruh perhatian dan menunjukkan simpatinya atas apa yang kami lakukan. Mereka dengan sukarela memberikan sumbangsihnya kepada anak-anak yatim yang kami asuh. Berbagai sumbangan tulus berbentuk materi dan non-materi kami terima dengan rasa terima kasih dan keharuan mendalam. 
Alhamdulillah, kami tidak sendiri. Teramat banyak di sekitar kami para dermawan yang ikut berbagi dan peduli dengan nasib anak-anak yatim itu. 

Kamipun terinspirasi 
Bantuan para tetangga, kebutuhan anak-anak yatim yang makin meningkat , dan adanya permintaan dari anak-anak yatim yang lain untuk diasuh dalam asuhan kami, akhirnya memberi kami inspirasi. Kami tergerak untuk membentuk satu lembaga formal yang bisa lebih baik lagi dalam upaya memberikan asuhan bagi anak-anak yang kurang beruntung itu. Lahirlah kemudian sebuah Yayasan sosial yang bertujuan menampung dan mengasuh anak-anak Yatim yang tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya. 

Terima kasih para dermawan 
Hari ini, berkat Rahmat dan karunia Ilahi dan dukungan serta kontribusi para dermawan di kota Bandung dan sekitarnya RUMAH YATIM telah menjadi sebuah institusi sosial yang legal dan profesional yang mencoba memberikan pelayanan dan pengasuhan terbaik untuk anak-anak yatim dan dhuafa agar mereka tidak kehilangan kawalan dalam meraih masa depan yang lebih cemerlang. 

Kami akan selalu berupaya menjadi lembaga yang profesional dan dinamis karena kami sadar segala bentuk bantuan dan dukungan dari para dermawan adalah amanah tidak ringan yang harus kami pertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat. Penyelenggaraan Pemeriksaan oleh Tim Akuntan Publik, adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam upaya membentuk lembaga sosial yang terpercaya. Doa dan dukungan dari berbagai fihak sangat kami nantikan. Bersama, kita wujudkan cita-cita mereka. 
Program Rutin Rumah Yatim


A. PEMBERDAYAAN

1. Dhuafa Mandiri
adalah sebuah program dalam upaya pembentukan karakter/mental para mustahiq untuk bisa mengembangkan skill nya sehingga mereka ditargetkan berubah status dari mustahik menjadi muzaki. 
2. Siaga Bencana
adalah program Tabungan kemanusiaan Yang dipersiapkan untuk memberikan aksi cepat tanggap darurat dalam menangani bencana berskala nasional 
3. Pembangunan Masjid Multi Fungsi
adalah sebuah program dakwah yang di kemas melalui program pembangunan masjid dengan mengembalikan fungsi masjid seperti yang di contohkan Rosululloh SAW sebagai pusat sarana ibadah, pusat pengembangan ilmu pengetahuan,pusat layanan kesehatan dan pusat pengembangan ekonomi produktif 
4. Smart Qurban
adalah program penghimpunan hewan qurban pada bulan dzjulhijah setiap tahunnya untuk memfasilitasi para donatur untuk bisa berkurban bersama anak Yatim dan para mustahiq yang ada dalam binaan Rumah Yatim yang tersebar diseluruh Nusantara. 
5. Berkah Haji untuk Guruku
adalah Program yang bersifat apresiatif terhadap para tokoh agama Islam di pelosok atau perkampungan yang memiliki peran dan kontribusi besar terhadap perkembangan islam di daerahnya.Sepanjang hayatnya memiliki cita-cita besar sebagai tamu Alloh karena begitu banyak umat yang telah pergi ketanah suci dengan bekal ilmu yang diberikannya namun sebagai ahli ibadah ia sendiri belum pernah berkunjung ke baitulloh karena keterbatasan dsari sisi finansial 
6. Smart Mustahik
Adalah program bantuan berbentuk pengadaan Al-Qur'an, kitab dan buku - buku panduan dinniyah lainnya yang diperuntukan bagi pengembangan pengetahuan umat . 
7. Da'I Preneur
adalah program kepedulian Rumah Yatim terhadap kesejahteraan para ustad/ah dan keluarganya yang telah secara total mewakafkan diri dan waktunya demi dakwah dan kejayaan umat Islam. 

B. KEMANDIRIAN

1. School of Life
adalah program pemberdayaan anak yatim melalui pengasuhan berbasis nilai dan pembinaan life skills. Sebuah program pengasuhan dan pembinaan yang dikembangkan oleh Rumah Yatim Indonesia, yang dirumuskan melalui pengasuhan dan pembinaan anak berbasis pada nilai dan kecakapan hidup. 
2. Triple O Project
Adalah sebuah program kerjasama dengan para donatur Untuk menciptakan suasana santunan yang lebih personal dan hangat dimana Program Triple O (One on One) menyambungkan satu donatur dengan satu anak Yatim/dhuafa , sehingga para donatur dapat secara langsung berkomunikasi dan menjalin hubungan sehingga anak yatim merasa memiliki orang tua. 
3. Mencetak 50 Dokter Yatim
adalah program perekrutan siswa-siswi SMA calon penerima beasiswa yang dididik dan dipersiapkan secara khusus untuk bisa masuk dan kuliah di Fakultas Kedokteran dan program pemberian biaya pendidikan (beasiwa) kepada para mahasiswa yang sedang kuliah di fakultas kedokteran umum yang berstatus yatim dan dinilai kurang mampu secara ekonomi. Proses perekrutan dimulai sebelum pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan atau setelah mahasiswa di terima di Fakutas Kedokteran. 
4. Smart Sinergy
Adalah program penyaluran dana bantuan basic life yang disalurkan kepada 50.000 anak yatim dan dhu'afa yang berbasis kepada program kemitraan antar lembaga social asuhan anak (PSAA) dan lembaga pendidikan diniyah lainnya. 
5. ATM Mustahiq
adalah sebuah program inovatif Rumah Yatim dalam teknis penyaluran dana ZIS kepada para mustahiq melalui ATM ( Automated Teller Machine ) sehingga dana ZIS dapat tersalurkan secara aman dan tepat sasaran . 

C. PENDIDIKAN

1. Bustaka
Adalah program edukatif berupa perpustakaan mobile melalui media cetak dan digital bagi anak Indonesia untuk menumbuhkan minat baca sehingga anak anak mencintai ilmu pengetahuan . 
2. Smart Scholarship
Adalah program beasiswa yang diberikan Rumah Yatim kepada anak Yatim atau dhuafa yang memiliki prestasi akademis serta menempatkan mereka pada universitas - universitas berkualitas di Indonesia . 
3. Bimbel Gratis
Adalah Program incubator study untuk mempersiapkan anak-anak kelas 6 kelas 9 dan kelas 12 untuk menghadapi ujian Nasional sehingga diharapkan bisa mendapatkan prestasi maksimal agar bisa melanjutkan sekolah di tempat yang terbaik 
4. SD El-Fitra Scientific School
adalah sebuah lembaga pendidikan dasar Islam terpadu modern berbasiskan Islam. Yang mengabungkan methode multiple intelegence dengan aplikasi sains 
5. SMP IT Bina Insan Unggul
Adalah sebuah lembaga pendidikan islam tingkat pertama yang mengedepankan kemandirian dan keluhuran budi pekerti sebagai indicator utama keberhasilan pendidikannya.

D. KESEHATAN

1. Klinik Sehat Bersama
Adalah Program penyediaan layanan kesehatan gratis bagi kaum dhuafa namun memiliki kualitas dan kapasitas dalam memenuhi kebutuhan kesehatan umat. 
2. Ambulance Gratis
Adalah sebuah program pelayanan tangap darurat terhadap kebutuhan transportasi dalam penanganan Kesehatan dan kematian bagi kaum dhuafa. 
3. Mobil Jenazah gratis
Adalah program pengadaan kendaraan pengangkut jenazah bagi kau dhuafa 
4. Wakaf Alat Kesehatan
Adalah Program wakaf khusus peralatan medis baik berupa perlatatan medis yang mobile maupun untuk pemenuhan sarana penunjang utama Klinik dan Rumah sakit 

E. EKONOMI

1. Usaha Peternakan sapi
adalah program yang dikelola oleh Rumah Yatim sebagai unit usaha produktif 
2. Percetakan
Adalah sebuah program pengembangan bisnis di bidang percetakan dan advertising yang dikelola oleh Rumah Yatimuntuk kemandirian 

F. WAKAF

Yatim Academia Centre adalah suatu program wakaf bangunan Produktif Yang mengintegrasikan antara sarana pendidikan, kesehatan dan kegiatan bisnis yang dijalankan secara syariah sehingga anak Yatim - Dhuafa bisa secara langsung mengikuti pendidikan akademis,non akademis serta aplikasi langsung dengan dunia bisnis . 




Rekening Donasi


Rekening Zakat
Bank BCA7750.317.001
Bank Mandiri13.0001.300.0115
Bank BNI018.27.29.251
Rekening Infaq, Shodaqoh, Hibah
Bank BCA7750.333.456
Bank Mandiri13.0000.542.0198
Bank BNI012.764.765.8
Bank Muamalat1010.0377.15
Bank BRI0337.01000.930.309
Rekening Wakaf
Bank BCA7750.333.090
Bank Mandiri13.000.5000.5050
Bank BNI015.754.559.3
Bank Muamalat101.00383.15



Di samping rekening-rekening tersebut andapun bisa berdonasi di cabang-cabang berikut
website:http://rumah-yatim.org/
Lebih baru Lebih lama