Terdapat 10 soal exam pada pelatihan Cara Asik Menghasilkan uang dari HP dengan Whatsapp:
1. Di WhatsApp Messenger, pengguna dapat secara bebas mengganti nama profil yang dimiliki tanpa terbatas batas waktu ataupun ketentuan lainnya. Namun di WhatsApp Business, penggunanya tidak bisa bebas mengganti nama profil dikarenakan...
a. Untuk mengindikasikan bahwa akun bisnis yang didaftarkan bukanlah akun bodong yang dapat dimanipulasi sewaktu-waktu.
b. Untuk mengindikasikan bahwa para pebisnis haruslah sudah yakin dengan
nama bisnisnya agar tidak terjadi kesalahpahaman
c. WhatsApp Business menginginkan para bisnis untuk konsisten dengan
pemilihan nama.
d. WhatsApp Business belum memiliki fitur untuk mengganti nama profil yang didaftarkan
e. Pengguna WhatsApp Business harus menunggu setidaknya 3 hari untuk dapat mengganti nama profil bisnis untuk proses verifikasi
Jawaban: A
2. Fitur yang tepat untuk digunakan apabila ada customer yang mengirimkan pesan di luar jam kerja atau di saat bisnis sedang tutup adalah...
a. Auto greeting
b. Auto reply scheduler
c. Statistic
d. Labelling
e. Broadcast
Jawaban: B
3. Fitur pengelompokan pesan atau label ini sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya, dikarenakan fitur ini dapat..
a. Menyediakan salam atau sapaan pada customer. Bisa menggunakan pesan otomatis ini kepada pelanggan baru untuk menyambut sebagai sapaan awal
b. Menampilkan sekaligus berbagi produk dijual agar calon pembeli lebih mudah dalam menemukan produk yang dicarinya.
c. Bertukar data seperti dokumen, foto, maupun audio. Semua data tersebut akan bisa disimpan
d. Menunjukan sejumlah data seperti data pelanggan, barang dikirim, barang diproduksi, dll
e. Saat daftar chat yang diterima sangat banyak, cukup mengklik kategorinya saja, lalu secara otomatis akan dimunculkan data siapa saja customer sesuai kategori
Jawaban: E
4. Berikut yang bisa dilakukan pebisnis dalam memanfaatkan fitur WhatsApp Status sebagai upaya meningkatkan penjualan, kecuali...
a. Melakukan demo produk lewat status Whatsapp Business
b. Merekam aktivitas karyawan saat mengemas barang yang akan dikirim
c. Memberikan informasi terkait pemberian discount dan giveaway
d. Memberikan informasi penjualan terkait omzet/daftar karyawan/ hal-hal penting bisnis lainnya
e. Menampilkan flyer digital terkait quiz ataupun games.
Jawaban: D
5. Brand persona sering didefinisikan sebagai perangkat karakteristik manusia yang terkait dengan sebuah brand, tentang apa dan siapa bisnis sebagai brand, apa yang ditawarkan atau diberikan ke pelanggan dari brand bisnis tersebut. Apabila Dimas memiliki brand bisnis berupa sepatu olahraga khusus pria yang tahan lama dan didesain dengan mengikuti perkembangan jaman. Berdasarkan deskripsi tersebut, brand persona yang paling tepat dari bisnis sepatu milik Dimas tersebut adalah...
a. Sporty, aktif, dan maskulin.
b. Friendly, down to earth, dan aktif
c. Aman, mewah, dan maskulin.
d. Independen, mewah, dan jujur.
e. kelas atas, down-to-earth, dan senang berpetualang
Jawaban: A
6. Yang dimaksud dengan buzz dalam marketing adalah...
a. Istilah di dunia maya untuk menggambarkan cepatnya penyebaran suatu berita atau informasi.
b. Bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audience (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan
c. Cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen bisa berupa brochure, catalog, CD trial gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain sebagainya
d. Strategi untuk menciptakan kondisi agar produk atau layanan yang anda pasarkan menjadi perbincangan banyak orang
e. Iklan internet yang mana pada saat pengguna meng-klik maka Iklan akan
tampil di jendela browser baru
Jawaban: D
7. Berikut adalah bentuk upaya dalam memperbanyak kontak WhatsApp bisnis Anda, kecuali...
a. Menyimpan nomor kontak di grup yang Anda masuki.
b. Menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai ganti menyimpan kontak Anda.
c. Menyimpan nomor calon pelanggan yang pernah chat
d. Menawarkan iming-iming hadiah bernilai besar kepada apabila orang tersebut menyimpan kontak Anda
e. Membuat grup sendiri.
Jawaban: D
8. Admin ini bertanggung jawab dan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Biasanya meng-handle beberapa tugas seperti menjawab segala pertanyaan pelanggan terkait produk dan pembelian User yang menangani
pelanggan juga akan menjawab segala komplain dari pelanggan terkait pemakaian produk, pembelian dan pengembalian barang, Ini merupakan tugas dari admin...
a. Admin Media Sosial & Platform Penjualan
b. Admin Keuangan & Pembelian
c. Admin Customer Handling & Customer Service
d. Admin Gudang & Pengiriman
e. Admin Produksi
Jawaban: C
9. Salah satu konten yang bisa meningkatkan kepercayaan sebuah brand dan calon konsumennya adalah dengan menggunakan screenshot. Hal ini ampuh untuk membuktikan bahwa bisnis telah memiliki sejarah pelanggan yang puas. Screenshot yang bisa ditunjukkan kepada customer dapat berupa...
a. Penghargaan industri daftar klien lama atau terkini, studi kasus, dan testimonial.
b. Penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk, jawaban quiz.
c. Testimonial, nomor resi pengiriman, video proses pembuatan produk
d. Testimonial, data penting. Call-to-action (CTA)
e. Testimonial, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk
Jawaban: A
10. Rahmi adalah seorang pebisnis yang menjual baju-baju perempuan muslimah, ia berniat untuk membuat konten berbentuk video yang berkaitan dengan produk yang ia jual. Dari konten-konten video dibawah ini, konten video manakah yang paling sesuai dengan produk yang Rahmi jual dan memungkinkan calon customer dapat tertarik membeli produknya adalah...
a. Vlog yang menceritakan tentang kisah perjalanan Rahmi membangun bisnisnya
b. Video yang menceritakan tentang kronologi penipuan yang pernah dialami
bisnis Rahmi
c. Video-video agama (pengajian, ceramah,
d. Vlog keseharian Rahmi dalam menjalankan bisnisnya
e. Video how to styling dengan berbagai macam model dengan produk busana muslimah Rahmi.
Jawaban: E
1. Di WhatsApp Messenger, pengguna dapat secara bebas mengganti nama profil yang dimiliki tanpa terbatas batas waktu ataupun ketentuan lainnya. Namun di WhatsApp Business, penggunanya tidak bisa bebas mengganti nama profil dikarenakan...
a. Untuk mengindikasikan bahwa akun bisnis yang didaftarkan bukanlah akun bodong yang dapat dimanipulasi sewaktu-waktu.
b. Untuk mengindikasikan bahwa para pebisnis haruslah sudah yakin dengan
nama bisnisnya agar tidak terjadi kesalahpahaman
c. WhatsApp Business menginginkan para bisnis untuk konsisten dengan
pemilihan nama.
d. WhatsApp Business belum memiliki fitur untuk mengganti nama profil yang didaftarkan
e. Pengguna WhatsApp Business harus menunggu setidaknya 3 hari untuk dapat mengganti nama profil bisnis untuk proses verifikasi
Jawaban: A
2. Fitur yang tepat untuk digunakan apabila ada customer yang mengirimkan pesan di luar jam kerja atau di saat bisnis sedang tutup adalah...
a. Auto greeting
b. Auto reply scheduler
c. Statistic
d. Labelling
e. Broadcast
Jawaban: B
3. Fitur pengelompokan pesan atau label ini sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya, dikarenakan fitur ini dapat..
a. Menyediakan salam atau sapaan pada customer. Bisa menggunakan pesan otomatis ini kepada pelanggan baru untuk menyambut sebagai sapaan awal
b. Menampilkan sekaligus berbagi produk dijual agar calon pembeli lebih mudah dalam menemukan produk yang dicarinya.
c. Bertukar data seperti dokumen, foto, maupun audio. Semua data tersebut akan bisa disimpan
d. Menunjukan sejumlah data seperti data pelanggan, barang dikirim, barang diproduksi, dll
e. Saat daftar chat yang diterima sangat banyak, cukup mengklik kategorinya saja, lalu secara otomatis akan dimunculkan data siapa saja customer sesuai kategori
Jawaban: E
4. Berikut yang bisa dilakukan pebisnis dalam memanfaatkan fitur WhatsApp Status sebagai upaya meningkatkan penjualan, kecuali...
a. Melakukan demo produk lewat status Whatsapp Business
b. Merekam aktivitas karyawan saat mengemas barang yang akan dikirim
c. Memberikan informasi terkait pemberian discount dan giveaway
d. Memberikan informasi penjualan terkait omzet/daftar karyawan/ hal-hal penting bisnis lainnya
e. Menampilkan flyer digital terkait quiz ataupun games.
Jawaban: D
5. Brand persona sering didefinisikan sebagai perangkat karakteristik manusia yang terkait dengan sebuah brand, tentang apa dan siapa bisnis sebagai brand, apa yang ditawarkan atau diberikan ke pelanggan dari brand bisnis tersebut. Apabila Dimas memiliki brand bisnis berupa sepatu olahraga khusus pria yang tahan lama dan didesain dengan mengikuti perkembangan jaman. Berdasarkan deskripsi tersebut, brand persona yang paling tepat dari bisnis sepatu milik Dimas tersebut adalah...
a. Sporty, aktif, dan maskulin.
b. Friendly, down to earth, dan aktif
c. Aman, mewah, dan maskulin.
d. Independen, mewah, dan jujur.
e. kelas atas, down-to-earth, dan senang berpetualang
Jawaban: A
6. Yang dimaksud dengan buzz dalam marketing adalah...
a. Istilah di dunia maya untuk menggambarkan cepatnya penyebaran suatu berita atau informasi.
b. Bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audience (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil suatu tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa yang ditawarkan
c. Cara beriklan melalui surat yang dikirimkan langsung kepada konsumen bisa berupa brochure, catalog, CD trial gratis, aplikasi kartu kredit, dan lain sebagainya
d. Strategi untuk menciptakan kondisi agar produk atau layanan yang anda pasarkan menjadi perbincangan banyak orang
e. Iklan internet yang mana pada saat pengguna meng-klik maka Iklan akan
tampil di jendela browser baru
Jawaban: D
7. Berikut adalah bentuk upaya dalam memperbanyak kontak WhatsApp bisnis Anda, kecuali...
a. Menyimpan nomor kontak di grup yang Anda masuki.
b. Menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai ganti menyimpan kontak Anda.
c. Menyimpan nomor calon pelanggan yang pernah chat
d. Menawarkan iming-iming hadiah bernilai besar kepada apabila orang tersebut menyimpan kontak Anda
e. Membuat grup sendiri.
Jawaban: D
8. Admin ini bertanggung jawab dan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Biasanya meng-handle beberapa tugas seperti menjawab segala pertanyaan pelanggan terkait produk dan pembelian User yang menangani
pelanggan juga akan menjawab segala komplain dari pelanggan terkait pemakaian produk, pembelian dan pengembalian barang, Ini merupakan tugas dari admin...
a. Admin Media Sosial & Platform Penjualan
b. Admin Keuangan & Pembelian
c. Admin Customer Handling & Customer Service
d. Admin Gudang & Pengiriman
e. Admin Produksi
Jawaban: C
9. Salah satu konten yang bisa meningkatkan kepercayaan sebuah brand dan calon konsumennya adalah dengan menggunakan screenshot. Hal ini ampuh untuk membuktikan bahwa bisnis telah memiliki sejarah pelanggan yang puas. Screenshot yang bisa ditunjukkan kepada customer dapat berupa...
a. Penghargaan industri daftar klien lama atau terkini, studi kasus, dan testimonial.
b. Penghargaan industri, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk, jawaban quiz.
c. Testimonial, nomor resi pengiriman, video proses pembuatan produk
d. Testimonial, data penting. Call-to-action (CTA)
e. Testimonial, daftar klien lama atau terkini, video proses pembuatan produk
Jawaban: A
10. Rahmi adalah seorang pebisnis yang menjual baju-baju perempuan muslimah, ia berniat untuk membuat konten berbentuk video yang berkaitan dengan produk yang ia jual. Dari konten-konten video dibawah ini, konten video manakah yang paling sesuai dengan produk yang Rahmi jual dan memungkinkan calon customer dapat tertarik membeli produknya adalah...
a. Vlog yang menceritakan tentang kisah perjalanan Rahmi membangun bisnisnya
b. Video yang menceritakan tentang kronologi penipuan yang pernah dialami
bisnis Rahmi
c. Video-video agama (pengajian, ceramah,
d. Vlog keseharian Rahmi dalam menjalankan bisnisnya
e. Video how to styling dengan berbagai macam model dengan produk busana muslimah Rahmi.
Jawaban: E