Terdapat 9 soal exam pada pelatihan Mudah Pahami Konten Marketing Untuk Bisnis:
1. Kita sedang berada di era digital yang memerlukan content marketing. Mengapa demikian?
a. Karena konsumen lebih tertarik melakukan pencarian di internet sebelum membuat tindakan
b. Karena konsumen lebih tertarik membeli langsung hal yang ditawarkan
c. Karena konsumen lebih percaya pada iklan hardselling sebuah brand
d. Karena konsumen lebih tertarik dijelaskan oleh orang lain
e. Karena konsumen belum memahami internet
Jawaban: A
2. Content marketing adalah membuat dan menyebarkan konten bermanfaat secara gratis untuk menarik perhatian dan mengubah prospek menjadi konsumen, dan juga mengubah konsumen menjadi pelanggan, adalah definisi content marketing dari?
a. Joe Pulizzi
b. Forbes
c. Content Marketing Institute
d. Lilach Bullock
e. Copyblogger
Jawaban: E
3. Manakah dibawah ini yang merupakan hasil riset dari Content Marketing Institute?
a. "Enam puluh tujuh persen konsumen cenderung membeli barang yang mereka temukan, setelah melakukan pencarian melewati google"
b. "Sebanyak lima puluh tiga persen konsumen cenderung melakukan pembelian produk, setelah mereka menemukan dan membaca artikel
mengenai produk tersebut di internet"
c. "Enam puluh satu persen konsumen mengaku memutuskan membeli sebuah produk setelah membaca rekomendasi produk tersebut di sebuah blog."
d. "Tujuh puluh persen konsumen lebih mau tahu lebih lanjut mengenai sebuah brand dari artikel online daripada iklan."
e. "Delapan puluh lima persen konsumen lebih mau tahu lebih lanjut mengenai sebuah brand dari artikel online daripada iklan."
Jawaban: C
4. Bagaimana cara traditional marketing mengupayakan iklan yang dimilikinya?
a. Memberikan informasi yang relevan sesuai waktu kebutuhan konsumen
b. Memberikan informasi yang penting bagi konsumen, tanpa memikirkan kapan hal itu dibutuhkan konsumen
c. Memberikan informasi hanya yang dibutuhkan oleh konsumen
d. Memikirkan kenyamanan konsumen dengan melakukan softselling
e. Menambah konten yang relevan sebanyak-banyaknya, sesuai dengan kebutuhan konsumen
Jawaban: E
5. Brand atau perusahaan memutuskan untuk melakukan upaya marketing dengan membuat website, dan diisi dengan berbagai informasi yang bermanfaat bagi konsumen dan relevan dengan kebutuhan konsumen. Akhirnya banyak yang mengunjungi website tersebut. Manfaat apa yang akan didapat dari upaya content marketing tersebut?
a. Traffic dan SEO
b. Engagement dengan konsumen
c. Mengonversi konsumen indirect
d. Menghasilkan conversion rate
e. Meningkatkan brand awareness
Jawaban: A
6. Sebelum membuat strategi, terdapat enam pertanyaan yang harus dilengkapi agar konten semakin matang. Manakah yang BUKAN termasuk dari enam pertanyaan tersebut?
a. Tujuan dari upaya content marketing
b. Konsumen yang ingin disasar
c. Di manakah target utama
d. Siapa yang membuat konten
e. Pengalaman yang ingin diterima oleh konsumen
Jawaban: D
7. Manakah pernyataan dibawah ini yang merupakan langkah ketiga dari penyusunan konten?
a. Membuat konten
b. Pertajam fokus
c. Mengetahui apa kelebihan brand
d. Sebarkan konten yang telah dibuat
e. Buat konten menjadi lebih baik lagi
Jawaban: A
8. Yang dimaksud dengan konten di dalam content marketing adalah?
a. Podcast
b. Artikel atau blog
c. Video
d. Foto
e. Semua benar
Jawaban: E
9. Manakah konten yang BUKAN termasuk tipe trending and shareable content?
a. Konten dengan topik: bencana alam
b. Konten dengan topik: jenis tanaman obat yang mudah ditanam di halaman rumah
c. Konten dengan topik: berpuasa di bulan Ramadhan
d. Konten dengan topik: kegiatan mudik
e. Konten dengan topik: berbelanja baju untuk lebaran
Jawaban: B
a. Karena konsumen lebih tertarik melakukan pencarian di internet sebelum membuat tindakan
b. Karena konsumen lebih tertarik membeli langsung hal yang ditawarkan
c. Karena konsumen lebih percaya pada iklan hardselling sebuah brand
d. Karena konsumen lebih tertarik dijelaskan oleh orang lain
e. Karena konsumen belum memahami internet
Jawaban: A
2. Content marketing adalah membuat dan menyebarkan konten bermanfaat secara gratis untuk menarik perhatian dan mengubah prospek menjadi konsumen, dan juga mengubah konsumen menjadi pelanggan, adalah definisi content marketing dari?
a. Joe Pulizzi
b. Forbes
c. Content Marketing Institute
d. Lilach Bullock
e. Copyblogger
Jawaban: E
3. Manakah dibawah ini yang merupakan hasil riset dari Content Marketing Institute?
a. "Enam puluh tujuh persen konsumen cenderung membeli barang yang mereka temukan, setelah melakukan pencarian melewati google"
b. "Sebanyak lima puluh tiga persen konsumen cenderung melakukan pembelian produk, setelah mereka menemukan dan membaca artikel
mengenai produk tersebut di internet"
c. "Enam puluh satu persen konsumen mengaku memutuskan membeli sebuah produk setelah membaca rekomendasi produk tersebut di sebuah blog."
d. "Tujuh puluh persen konsumen lebih mau tahu lebih lanjut mengenai sebuah brand dari artikel online daripada iklan."
e. "Delapan puluh lima persen konsumen lebih mau tahu lebih lanjut mengenai sebuah brand dari artikel online daripada iklan."
Jawaban: C
4. Bagaimana cara traditional marketing mengupayakan iklan yang dimilikinya?
a. Memberikan informasi yang relevan sesuai waktu kebutuhan konsumen
b. Memberikan informasi yang penting bagi konsumen, tanpa memikirkan kapan hal itu dibutuhkan konsumen
c. Memberikan informasi hanya yang dibutuhkan oleh konsumen
d. Memikirkan kenyamanan konsumen dengan melakukan softselling
e. Menambah konten yang relevan sebanyak-banyaknya, sesuai dengan kebutuhan konsumen
Jawaban: E
5. Brand atau perusahaan memutuskan untuk melakukan upaya marketing dengan membuat website, dan diisi dengan berbagai informasi yang bermanfaat bagi konsumen dan relevan dengan kebutuhan konsumen. Akhirnya banyak yang mengunjungi website tersebut. Manfaat apa yang akan didapat dari upaya content marketing tersebut?
a. Traffic dan SEO
b. Engagement dengan konsumen
c. Mengonversi konsumen indirect
d. Menghasilkan conversion rate
e. Meningkatkan brand awareness
Jawaban: A
6. Sebelum membuat strategi, terdapat enam pertanyaan yang harus dilengkapi agar konten semakin matang. Manakah yang BUKAN termasuk dari enam pertanyaan tersebut?
a. Tujuan dari upaya content marketing
b. Konsumen yang ingin disasar
c. Di manakah target utama
d. Siapa yang membuat konten
e. Pengalaman yang ingin diterima oleh konsumen
Jawaban: D
7. Manakah pernyataan dibawah ini yang merupakan langkah ketiga dari penyusunan konten?
a. Membuat konten
b. Pertajam fokus
c. Mengetahui apa kelebihan brand
d. Sebarkan konten yang telah dibuat
e. Buat konten menjadi lebih baik lagi
Jawaban: A
8. Yang dimaksud dengan konten di dalam content marketing adalah?
a. Podcast
b. Artikel atau blog
c. Video
d. Foto
e. Semua benar
Jawaban: E
9. Manakah konten yang BUKAN termasuk tipe trending and shareable content?
a. Konten dengan topik: bencana alam
b. Konten dengan topik: jenis tanaman obat yang mudah ditanam di halaman rumah
c. Konten dengan topik: berpuasa di bulan Ramadhan
d. Konten dengan topik: kegiatan mudik
e. Konten dengan topik: berbelanja baju untuk lebaran
Jawaban: B