Berikut adalah 15 soal exam pada pelatihan 2 Jam Pahami Digital Marketing Untuk Memulai Bisnis Anda
1. Jenis Facebook ads yang memiliki tujuan untuk mengarahkan audiens masuk ke halaman website dan membeli produk yang diiklankan adalah
a. App install/App engagement
b. Store visit
c. Clicks to website
d. Website conversions
e. Event ads
Jawaban: D
2. Pernyataan yang kurang tepat tentang perbedaan digital dan offline marketing dibawah ini adalah...
a. Digital marketing menjangkau audiens lebih banyak dibanding offline marketing
b. Digital marketing sifatnya satu arah, sementara offline marketing bersifat 2 arah
c. Digital marketing mampu mengukur hasil ketika campaign masih berjalan, sementara offline marketing ketika campajgn sudah selesai
d. Campaign di digital marketing dapat di set up dengan cepat, sementara offline marketing butuh waktu untuk mengganti campaign
e. Biaya digital marketing lebih murah dibanding offline marketing
Jawaban: B
3. Frekuensi dan waktu terbaik untuk mengupload konten jika menggunakan facebook sebagai platform social media marketing adalah...
a. 2 kali sehari, pukul 08.00-09.00 atau 17.00
b. 1-2 kali sehari, pukul 13.00 - 16.00
c. 1-2 kali sehari, pukul 10.00 - 11.00
d. 1 kali seminggu pukul 10.00 - 11.00
e. 1 kali seminggu pukul 13.00 - 16.00
Jawaban: B
4. Iklan berbentuk banner yang kemunculannya pada website- website atau inventory yang bekerjasama dengan Google merupakan jenis Google ads?
a. Search Engine Marketing (SEM)
b. Google Display Network (GDM)
c. Gmail Sponsored Promotion (GSP)
d. Banner ads
e. YouTube ads
Jawaban: B
5. Untuk menghitung apakah biaya yang dikeluarkan untuk beriklan di Google Ads sebanding dengan keuntungan bisnis, maka metrik yang diukur adalah
a. Conversion Rate
b. Impresi (Impression)
c. Cost per Acquisition (CPA)
d. Cost per Clicks (CPC)
e. Click Through Rate (CTR)
Jawaban: C
6. Pernyataan yang kurang tepat tentang perbedaan digital dan offline marketing dibawah ini adalah....
a. Digital marketing menjangkau audiens lebih banyak dibanding offline marketing
b. Digital marketing sifatnya satu arah, sementara offline marketing bersifat 2 arah
c. Digital marketing mampu mengukur hasil ketika campaign masih berjalan, sementara offline marketing ketika campaign sudah selesai
d. Campaigndi digital marketing dapat di set up dengan cepat, sementara offline marketing butuh waktu untuk mengganti campaign
e. Biaya digital marketing lebih murah dibanding offline marketing
Jawaban: B
7. 2 skill utama di bawah ini yang dibutuhkan oleh seorang marketer adalah...
1). Analytical skill
2). Communication skill
3). Creative thinking
4). Data engineer skill
a. 1&2
b. 1&3
c. 2&3
d. 2&4
e. 3&4
Jawaban: C
8. Aplikasi atau fitur yang digunakan untuk mengelola beberapa akun iklan/bisnis baik facebook ds maupun instagram ads dalam satu tempat adalah...
a. Facebook Business Manager
b. Facebook ads tools
c. Facebook pixel
d. Facebook ads manager
e. Facebook application ads
Jawaban: A
9. Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjalankan iklan di Google ads dengan efektif adalah?
a. Buat landing page untuk produk yang diiklankan
b. Buat beberapa versi campaign yang akan dipasarkan
c. Mengatur akun iklan dengan sistematis
d. Riset dan pahami target audiens
e. Rancang tujuan spesifik dari setiap campaign iklan
Jawaban: D
10. Melihat usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, merupakan target audiens berdasarkan...
a. Demografi
b. Persona
c. Perilaku digital
d. Psikografi
e. Custom audience
Jawaban: A
11. Dibawah ini yang bukan keunggulan email marketing adalah....
a. Saluran paling efektif untuk menjangkau audience
b. Lebih efektif dalam mengakuisisi pelanggan
c. Lebih ekonomis (hemat biaya)
d. Dapat menyesuaikan konten sesuai segmentasi yang dituju
e. Tidak dapat melakukan pengiriman email otomatis
Jawaban: E
12. Dibawah ini yang merupakan ciri-ciri landing page yang membedakannya dengan website adalah...
a. Mempresentasikan bisnis secara keseluruhan
b. Audiens lebih luas
c. Konten bersifat umum
d. Desain padat & beragam informasi
e. Penawaran terbatas
Jawaban: E
13. Perhatikan gambar dibawah ini:
Gambar diatas merupakan instagram ads dengan jenis format?
a. Photo Ad
b. Video Ads
c. Carousel Ads
d. Collection Ads
e. Story Ads
Jawaban: C
14. Jika tujuan iklan adalah mendapatkan kunjungan ke website, maka metode pembayaran iklan yang lebih baik digunakan adalah....
a. Cost per Click
b. Cost per Impression
c. Cost per Mile
d. Cost per Conversion
e. Cost per Acquisition
Jawaban: A
15. Metrik yang digunakan untuk mengukur jumlah keseluruhan pengunjung yang membuka blog/website kita adalah...
a. Number of Page View
b. Number of Visitor
c. Number of Session
d. Number of People
e. Bounce Rate
Jawaban: B
a. App install/App engagement
b. Store visit
c. Clicks to website
d. Website conversions
e. Event ads
Jawaban: D
2. Pernyataan yang kurang tepat tentang perbedaan digital dan offline marketing dibawah ini adalah...
a. Digital marketing menjangkau audiens lebih banyak dibanding offline marketing
b. Digital marketing sifatnya satu arah, sementara offline marketing bersifat 2 arah
c. Digital marketing mampu mengukur hasil ketika campaign masih berjalan, sementara offline marketing ketika campajgn sudah selesai
d. Campaign di digital marketing dapat di set up dengan cepat, sementara offline marketing butuh waktu untuk mengganti campaign
e. Biaya digital marketing lebih murah dibanding offline marketing
Jawaban: B
3. Frekuensi dan waktu terbaik untuk mengupload konten jika menggunakan facebook sebagai platform social media marketing adalah...
a. 2 kali sehari, pukul 08.00-09.00 atau 17.00
b. 1-2 kali sehari, pukul 13.00 - 16.00
c. 1-2 kali sehari, pukul 10.00 - 11.00
d. 1 kali seminggu pukul 10.00 - 11.00
e. 1 kali seminggu pukul 13.00 - 16.00
Jawaban: B
4. Iklan berbentuk banner yang kemunculannya pada website- website atau inventory yang bekerjasama dengan Google merupakan jenis Google ads?
a. Search Engine Marketing (SEM)
b. Google Display Network (GDM)
c. Gmail Sponsored Promotion (GSP)
d. Banner ads
e. YouTube ads
Jawaban: B
5. Untuk menghitung apakah biaya yang dikeluarkan untuk beriklan di Google Ads sebanding dengan keuntungan bisnis, maka metrik yang diukur adalah
a. Conversion Rate
b. Impresi (Impression)
c. Cost per Acquisition (CPA)
d. Cost per Clicks (CPC)
e. Click Through Rate (CTR)
Jawaban: C
6. Pernyataan yang kurang tepat tentang perbedaan digital dan offline marketing dibawah ini adalah....
a. Digital marketing menjangkau audiens lebih banyak dibanding offline marketing
b. Digital marketing sifatnya satu arah, sementara offline marketing bersifat 2 arah
c. Digital marketing mampu mengukur hasil ketika campaign masih berjalan, sementara offline marketing ketika campaign sudah selesai
d. Campaigndi digital marketing dapat di set up dengan cepat, sementara offline marketing butuh waktu untuk mengganti campaign
e. Biaya digital marketing lebih murah dibanding offline marketing
Jawaban: B
7. 2 skill utama di bawah ini yang dibutuhkan oleh seorang marketer adalah...
1). Analytical skill
2). Communication skill
3). Creative thinking
4). Data engineer skill
a. 1&2
b. 1&3
c. 2&3
d. 2&4
e. 3&4
Jawaban: C
8. Aplikasi atau fitur yang digunakan untuk mengelola beberapa akun iklan/bisnis baik facebook ds maupun instagram ads dalam satu tempat adalah...
a. Facebook Business Manager
b. Facebook ads tools
c. Facebook pixel
d. Facebook ads manager
e. Facebook application ads
Jawaban: A
9. Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjalankan iklan di Google ads dengan efektif adalah?
a. Buat landing page untuk produk yang diiklankan
b. Buat beberapa versi campaign yang akan dipasarkan
c. Mengatur akun iklan dengan sistematis
d. Riset dan pahami target audiens
e. Rancang tujuan spesifik dari setiap campaign iklan
Jawaban: D
10. Melihat usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, merupakan target audiens berdasarkan...
a. Demografi
b. Persona
c. Perilaku digital
d. Psikografi
e. Custom audience
Jawaban: A
11. Dibawah ini yang bukan keunggulan email marketing adalah....
a. Saluran paling efektif untuk menjangkau audience
b. Lebih efektif dalam mengakuisisi pelanggan
c. Lebih ekonomis (hemat biaya)
d. Dapat menyesuaikan konten sesuai segmentasi yang dituju
e. Tidak dapat melakukan pengiriman email otomatis
Jawaban: E
12. Dibawah ini yang merupakan ciri-ciri landing page yang membedakannya dengan website adalah...
a. Mempresentasikan bisnis secara keseluruhan
b. Audiens lebih luas
c. Konten bersifat umum
d. Desain padat & beragam informasi
e. Penawaran terbatas
Jawaban: E
13. Perhatikan gambar dibawah ini:
Gambar diatas merupakan instagram ads dengan jenis format?
a. Photo Ad
b. Video Ads
c. Carousel Ads
d. Collection Ads
e. Story Ads
Jawaban: C
14. Jika tujuan iklan adalah mendapatkan kunjungan ke website, maka metode pembayaran iklan yang lebih baik digunakan adalah....
a. Cost per Click
b. Cost per Impression
c. Cost per Mile
d. Cost per Conversion
e. Cost per Acquisition
Jawaban: A
15. Metrik yang digunakan untuk mengukur jumlah keseluruhan pengunjung yang membuka blog/website kita adalah...
a. Number of Page View
b. Number of Visitor
c. Number of Session
d. Number of People
e. Bounce Rate
Jawaban: B